Brand "Kopi Semang" Dilaunching, Siap Ramaikan Pasar Dengan Cita Rasa yang Khas

Brand

Launching kopi semang dari perempuan petani kopi Kepahiang-(foto: tri yulianti)-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Provinsi Bengkulu patut berbangga menjadi salah satu penghasil komoditi kopi terbaik di Indonesia. Bahkan, komoditi kopi dari Bengkulu sudah banyak dijajal dipasar Nasional maupun Internasional.

Dari sekian banyak brand kopi Bengkulu yang ada saat ini, Kopi Semang menjadi salah satu kopi terbaik yang dimiliki Bengkulu.

Dilaunching pada Senin 27 Mei 2024 di KM Nol Atrium Bencoolen Mall Bengkulu, kopi ini siap memanjakan lidah para pecinta kopi seantero negeri.

Supartina merupakan salah satu perempuan petani kopi dari Batu Ampar, Kabupaten Kepahiang menjelaskan, kata semang diambil dari bahasa Serawai yang artinya mengambil kopi yang jatuh.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Kebut Perluasan Lahan TPA

Kopi-kopi yang diambil itu merupakan kopi yang sebelumnya telah dimakan oleh hewan atau satwa liar. 

"Semang sendiri berasal dari bahasa Serawai yang artinya mengambil kopi yang jatuh usai dimakan oleh satwa liar. Kegiatan menyemang itu dilakukan oleh kaum perempuan atau para lansia," ujarnya.

Mulanya, kopi semang ini hanya dijual ke tengkulak dengan harga standar. Namun pada tahun 2020 lalu, kopi semang ini diketahui memiliki cita rasa yang khas.

Oleh karena itu, para perempuan petani kopi di Batu Ampar dan Pungguk Meranti melakukan inovasi dengan menjadikan kopi semang sebagai produk kopi pilihan yang dikelola dengan baik dan berkualitas untuk menunjang perekonomian . 

"Awalnya kopi semang ini dijual ketengkulak dan dicampur dengan kopi lainnya. Setelah tahu kopi ini bagus, barulah kami kelola dengan baik dan serius hingga hari ini brand kopi semang dilaunching," imbuh Supartina.

BACA JUGA:3 Pelajar Kota Bengkulu Lolos Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan halitultura Provinsi Bengkulu melalui Sub Kor Pphp, Johan Sahmeri, mengungkapkan ada cita rasa yang khas dari kopi semang, Kepahiang. 

Hal itu diungkapkan usai cupping kopi semang di KM Nol Atrium Bencoolen Mall bersama dengan para barista dan pecinta kopi Bengkulu.

Selain itu, Dinas Perkebunan dan Halitultura Provinsi Bengkulu juga menyatakan siap membantu untuk mengembangkan kopi semang ini dan menjadi produk yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: