Tips Budidaya Gurame di Kolam Terpal, Perhatikan 10 Langkah Ini

Tips Budidaya Gurame di Kolam Terpal, Perhatikan 10 Langkah Ini

Tips Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Budidaya ikan gurame di kolam terpal bisa dilakukan meskipun biasanya budidaya gurame dilakukan di lahan yang luas dengan aliran air yang cukup. 

Meskipun begitu, ikan gurame tetap menjadi pilihan yang menarik untuk dibudidayakan karena tingginya permintaan pasar. Banyak warung makan yang menjadikan ikan gurame sebagai menu andalannya, menunjukkan tingginya popularitas ikan ini di pasaran.

Menggunakan kolam terpal sebagai media budidaya menawarkan biaya persiapan dan perawatan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sistem budidaya yang lebih besar.

BACA JUGA:Tips Sukses dan Dapatkan Omset Tinggi, Ini 5 Cara Ternak Entok

BACA JUGA:Tips Sukses Beternak Sapi, Ini 7 Langkah yang Perlu Diperhatikan

Meskipun budidaya ikan gurame sering dianggap membutuhkan modal besar, kenyataannya Anda bisa memulainya bahkan dengan dana terbatas.

1. Menentukan jenis kolam terpal 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis kolam terpal yang akan digunakan sebagai media budidaya. Pilihan jenis kolam ini dapat didasarkan pada modal dan lokasi tempat yang Anda miliki. 

Ada berbagai jenis kolam terpal yang tersedia, mulai dari yang menggunakan rangka pipa, bambu, atau kayu, hingga yang menggunakan rangka batu bata atau baja ringan. 

Anda bahkan dapat membuat kolam terpal dengan menggunakan tanah sebagai dindingnya dan menggunakan terpal sebagai alasnya. 

Salah satu kelebihan dari menggunakan dinding tanah adalah kemampuannya untuk meringankan beban saat menahan air, dibandingkan dengan menggunakan rangka pipa, kayu, atau bambu.

2. Menentukan ukuran kolam terpal 

Langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran kolam terpal berdasarkan luas lahan yang tersedia, jumlah benih yang akan dibudidayakan, dan tentu saja budget yang tersedia. 

Pastikan ukuran kolam terpal mencukupi untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan ikan dengan optimal, namun tetap sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang Anda miliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: