Meningkat 2 Kali Lipat, DLH Kota Bengkulu Tambah Personel Atasi Sampah Selama Lebaran

Meningkat 2 Kali Lipat, DLH Kota Bengkulu Tambah Personel Atasi Sampah Selama Lebaran

Tumpukan sampah di TPA Air Sebakul-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk menangani lonjakan sampah selama Lebaran. 

Dikatakan kabid pengelolaan sampah dan tinja DLH Kota Bengkulu Rusman Efendi, penanganan tersebut mulai dari penambahan jam kerja dari personel petugas kebersihan hingga menyiapkan personel tambahan selama Lebaran. 

Karena volume sampah diprediksi meningkat 2 kali lipat dari hari biasa. Bahkan Rusman menjelaskan sudah menyiapkan personel di sejumlah kawasan yang akan mengalami lonjakan sampah seperti di kawasan pasar. 

Setelah itu, jam pengangkutan sampah juga mulai diatur. Lonjakan mulai terjadi sejak H-1 lebaran atau saat malam takbiran.

BACA JUGA:Keadaan Darurat Selama Lebaran? Layanan 122 Pemkot Bengkulu Standby 24 Jam

"Personel petugas sampah juga membersihkan sejumlah kawasan yang akan menjadi lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri. Beberapa strategi sudah kita upayakan dalam rangka untuk melakukan penanganan sampah Ramadan dan menghadapi Hari raya Idul Fitri pertama kita terus mengintensifkan para petugas tugas kita untuk bekerja secara optimal dengan cara melakukan peningkatan jam kerja," jelas Rusman. 

Ia mengatakan, kondisi ini kerap terjadi saat hari besar seperti Idul Fitri karena selain padatnya orang yang merayakan lebaran, ditambah ramainya wisatawan yang berlibur di Kota Bengkulu. 

"Selain di lokasi pasar, lonjakan sampah juga biasa terjadi di kawasan wisata. Namun personel kita bekerja maksimal menjaga agar kota Bengkulu tetap bersih dan indah agar cantik dipandang wisatawan," tutup Rusman. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: