Bolehkah Melakukan Hubungan Suami Istri Di Malam Takbiran, Ini Kata Ustaz Abdul Somad

Bolehkah Melakukan Hubungan Suami Istri Di Malam Takbiran, Ini Kata Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad jelaskan hukum melakukan hubungan suami istri di malam takbiran-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

"Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beri'tikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa," (QS Al Baqarah: 187).

Berdasarkan auat tersebut, Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa berhubungan suami istri pada malam Ramadan diperbolehkan.

Oleh karena itu, bisa diasumsikan bahwa berhubungan suami istri pada malam takbiran juga diperbolehkan.

Namun, jika seseorang ingin mengisi malam takbiran dengan dzikir tetapi baru saja melakukan hubungan suami istri, dia disarankan untuk mandi atau melakukan wudhu terlebih dahulu.

Namun, jika seseorang dalam keadaan hadas besar, dia tidak diperbolehkan membaca Al Qur'an setelah hanya melakukan wudhu menurut pandangan Ustaz Abdul Somad.

BACA JUGA:Benarkah Menggunakan Lipstik Bisa Membatalkan Puasa, Simak Penjelasan Ustaz Abdul Somad Berikut

BACA JUGA:Apakah Ngupil dan Korek Kuping Membatalkan Puasa, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

"Orang dalam hadas besar tidak boleh baca Quran, berdzikir tetap boleh, bershalawat tetap boleh, yang paling afdhal dia mandi, kalau dia tidak mandi, maka dia berdzikir," demikian Ustaz Abdul Somad.

Itulah penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang hukum berhubungan suami istri di malam takbiran. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: