Amalan-amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Pahalanya Berkali-kali Lipat Dibanding Hari Lainnya

Amalan-amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Pahalanya Berkali-kali Lipat Dibanding Hari Lainnya

Amalan-amalan sunnah yang bisa kita lakukan di bulan ramadhan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Menjaga lisan dari perkara-perkara yang tidak berguna, terutama dari perkara-perkara haram seperti berbohong dan mengumpat, adalah salah satu sunnah yang dapat meningkatkan pahala puasa.

Namun, jika seseorang melakukan berbohong, mengumpat, atau tindakan-tindakan yang serupa, bisa saja semua pahala yang telah diperoleh dari puasa tersebut terancam untuk hangus.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga lisan dan menghindari perilaku-perilaku yang dapat merusak pahala puasa yang telah diperoleh.

6. Mengindari Perbuatan Makruh

Menghindari hal-hal yang tidak sejalan dengan hikmah puasa termasuk berbuka puasa hingga perut terasa sangat kenyang dan melakukan tindakan yang bertujuan hanya untuk memuaskan nafsu semata.

Kedua hal tersebut bertentangan dengan tujuan spiritual puasa, yang seharusnya membantu seseorang untuk memperkuat pengendalian diri, meningkatkan kesadaran spiritual, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, penting untuk menjauhi perilaku-perilaku tersebut agar dapat mengambil manfaat maksimal dari ibadah puasa.

BACA JUGA:Selain Menahan Lapar dan Haus, Ustaz Adi Hidayat Ungkap Tujuan Lain Puasa Ramadhan

BACA JUGA:Selain Menahan Lapar dan Haus, Ustaz Adi Hidayat Ungkap Tujuan Lain Puasa Ramadhan

7. Memperbanyak Sedekah

Memperbanyak sedekah kepada sesama, terutama dalam bentuk memberi makanan atau minuman untuk berbuka puasa, dapat menghasilkan pahala yang berlipat-lipat.

Hal ini karena Rasulullah saw menyatakan bahwa orang yang memberi makanan atau minuman kepada orang yang sedang berpuasa akan mendapatkan pahala yang setara dengan pahala puasa orang yang diberi makanan atau minuman tersebut, sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

"Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut,".

8. Itikaf di Masjid

Memperbanyak i'tikaf di masjid pada sepertiga malam terakhir Ramadan juga sangat dianjurkan karena pahalanya sungguh luar biasa dan tak terhingga. Hal ini juga merupakan sunnah yang ditekankan oleh Rasulullah SAW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: