Amalan-amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Pahalanya Berkali-kali Lipat Dibanding Hari Lainnya

Amalan-amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Pahalanya Berkali-kali Lipat Dibanding Hari Lainnya

Amalan-amalan sunnah yang bisa kita lakukan di bulan ramadhan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

"Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan,".

BACA JUGA:Amalan Ramadhan yang Bisa Menyebabkan Seseorang Masuk Surga, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Amalan Dianjurkan Rasul Saat Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat: Langsung Dibangunkan Istana di Surga

3 Membaca Doa Buka Puasa

Adapuan bacaan doa buka puasa yang bisa kita amalkan adalah 

  اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلَتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اِغْفِرْ لِي اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ   

(Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu, wa bika amantu, wa bika 'alaika tawakkalatu, dzahabadzh dzhama-u wabtalatil-'uruqu wa tsabatal-ajru insyaa-Allah. Ya wasi'al-fadhli ighfirli alhamdulillahilladzi hadani fashumtu, wa razaqani fa-afthartu).

Artinya:

"Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezekimu aku membatalkannya. Kepadamu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah dan Insyaallah pahala sudah tetap. Wahai Dzat Yang Luas Karunia, ampuni aku. Segala puji bagi Tuhan yang memberi petunjuk padaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji Tuhan yang memberiku rezeki, lalu aku membatalkannya,".

4. Mandi Besar

Mandi besar merupakan bagian penting dari proses bersuci dari keadaan junub, haid, atau nifas. Mandi besar ini dilakukan sebelum terbit fajar agar seseorang bisa menjalankan ibadah dalam keadaan suci.

Selain itu, mandi sebelum fajar juga membantu menghindari masuknya air ke dalam mulut, telinga, anus, dan bagian-bagian tubuh lainnya yang tidak diinginkan, yang mungkin terjadi jika mandi dilakukan setelah terbit fajar.

BACA JUGA:3 Waktu Doa yang Paling Mustajab Saat Bulan Ramadhan, Ustaz Khalid Basalamah Beberkan Rahasianya

BACA JUGA:Agar Mendapat Ampunan di Sholat Tarawih Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Rahasianya

5. Menjaga Lisan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: