Amalan-amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Pahalanya Berkali-kali Lipat Dibanding Hari Lainnya

Amalan-amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Pahalanya Berkali-kali Lipat Dibanding Hari Lainnya

Amalan-amalan sunnah yang bisa kita lakukan di bulan ramadhan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Bulan suci Ramadan dipandang sebagai bulan yang sangat istimewa di antara bulan-bulan lainnya dalam agama Islam.

Keistimewaan bulan Ramadan sangatlah besar, tidak hanya karena pintu surga terbuka dan pintu neraka tertutup, tetapi juga karena setiap ibadah yang dilakukan selama bulan ini akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Selain memperoleh pahala dari menjalankan ibadah-ibadah wajib, umat Muslim juga dapat memperkuat pahala tersebut dengan melaksanakan amalan-amalan sunnah.

BACA JUGA:Cara Membayar Utang Puasa Ramadhan yang Menahun, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:3 Amalan di Sepertiga Malam Terakhir Ramadhan, Selalu Dikerjakan Rasulullah SAW

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah amalan-amalan sunnah yang bisa kita lakukan di bulan ramadhan.

1. Makan Sahur

Makan sahur di bulan suci Ramadan merupakan amalan yang mendatangkan pahala, bahkan jika hanya sekedar meneguk air saat sahur. Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah saw dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang artinya:

"Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan,".

Selain itu, Rasulullah saw juga menganjurkan agar sahur dilakukan pada waktu akhir, selama belum masuk waktu yang diragukan antara malam dan terbit fajar. Hal ini disampaikan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, yang artinya:

"Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka,".

2. Menyegerakan Berbuka

Menyegerakan berbuka puasa adalah salah satu amalan yang dianjurkan, dimana berbuka puasa harus dilakukan sebelum melaksanakan sholat maghrib.

Sunnahnya, ketika berbuka puasa adalah dengan memulainya dengan kurma. Namun, jika tidak ada kurma yang tersedia, maka air dapat digunakan sebagai minuman untuk berbuka puasa, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, yang artinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: