Apakah Masbuk Harus Mengulang Takbir Bila Terlewatkan Saat Sholat Ied, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Apakah Masbuk Harus Mengulang Takbir Bila Terlewatkan Saat Sholat Ied, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad jelaskan cara masbuk dalam sholat ied-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Benarkah Menggunakan Lipstik Bisa Membatalkan Puasa, Simak Penjelasan Ustaz Abdul Somad Berikut

BACA JUGA:Apakah Ngupil dan Korek Kuping Membatalkan Puasa, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

"Jadi kalau sampai ke tanah lapang, imamnya sudah takbir yang kelima, ‘allahuakbar, allahuakbar, allahuakbar, allahuakbar, allahuakbar’, maka masbuk tadi tidak perlu mengulang takbir dan ikuti imam saja," ungkap Ustaz Abdul Somad.

Lalu pertanyaan kembali muncul, bagaimana bila seseorang datang saat imam sudah tasyahud akhir.

Ustaz Abdul Somad juga menjawab bahwa seseorang yang datang terlambat harus berdiri tegak dan mengucapkan takbir tujuh dan lima kali di setiap rakaatnya.

"Maka dia habis salam langsung berdiri tegak, dibuatnya takbir tujuh dengan lima. Sendiri dia," terang Ustaz Abdul Somad.

Apabila seseorang tiba di lapangan atau masjid setelah jamaah telah pulang, Ustadz Abdul Somad menyarankan agar orang tersebut mencari tanah lapang atau masjid lain yang masih menjalankan shalat.

Namun, jika seluruh tempat telah menyelesaikan shalat Idul Fitri, maka orang tersebut diperbolehkan untuk melaksanakan shalat Idul Fitri secara mandiri.

"Maka dalam kita Al-Umm, induk fiqih yang ditulis oleh Imam Muhammad bin Idris As-Syafii boleh shalat sendiri. Tapi mazhab Hambali tidak setuju," kata Ustaz Abdul Somad.

BACA JUGA:3 Doa Terbaik untuk Anak, Ustaz Abdul Somad Jelaskan Waktu untuk Mengamalkannya

BACA JUGA:Agar Anak Memiliki Daya Ingat yang Kuat, Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad Sarankan Baca Doa ini

Namun, Ustadz Abdul Somad menekankan bahwa menurut mazhab Syafi'i sebagaimana yang terdapat dalam Kitab Al-Umm, seseorang yang sedang dalam perjalanan (musafir) diperbolehkan untuk melaksanakan sholat sendirian.

Itulah penjelasan Ustaz Abdul Somad terkait yang harus dilakukan bila kita masbuk dalam sholat Ied. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: