Simak Bacaan Amalan Doa Akhir Ramadhan 2024 Sesuai Sunnah, Kapan dan Bagaimana Bacaannya

Simak Bacaan Amalan Doa Akhir Ramadhan 2024 Sesuai Sunnah, Kapan dan Bagaimana Bacaannya

Doa akhir ramadhan sesuai sunnah dalam tulisan Arab dan latin-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bulan ramadhan 1445 H tidak lama lagi akan berlalu. Untuk mengakhiri bulan yang penuh berkah ini ada amalan doa yang bisa kamu amalkan. 

Lantas, bagaimana bunyi teks doa akhir ramadhan sesuai sunnah dalam tulisan Arab dan latin? Kapan doa penghujung bulan puasa itu dibaca pada ramadhan 2024 kali ini?

Kapan Doa Akhir Ramadhan 2024 Dibaca?

Dengan mengacu pada keterangan bahwa doa akhir Ramadhan dibaca pada tanggal pemungkas, umat Islam dapat mengucapkan doa ini pada Selasa, 9 April 2024. Doa tulus dari dalam hati niscaya akan menjadi berkah tersendiri, dan semoga kita dapat dipertemukan dengan Ramadhan tahun berikutnya.

Bagi orang yang mengetahui betapa luar biasa pahala sepanjang Ramadhan, rasanya sedih berpisah dengan bulan suci penuh berkah ini. Dalam sebuah hadist, Rasulullah Saw. mengatakan sebagai berikut:

BACA JUGA:Bagaimana Syarat Sholat Jamak Saat Tengah Mudik? Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut Ini

“Seandainya umat manusia mengetahui pahala ibadah di bulan Ramadhan, maka niscaya mereka akan meminta agar satu tahun penuh menjadi Ramadhan,” (H.R. Thabrani, Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi).

Bulan Ramadan memuat berbagai keutamaan yang tidak ada di waktu lainnya. Oleh sebab itu, kaum muslim yang menemui bulan Ramadan, sebaiknya memaksimalkan dengan memperbanyak amalan saleh.

Tidak semua orang dapat menemui bulan Ramadan dengan keadaan sehat sehingga dapat menjalankan ibadah puasa serta berbagai amal. Seorang muslim bahkan belum tentu akan hidup sampai bulan Ramadan berikutnya.

Maka dari itu, Rasulullah Saw. dalam sebuah hadis dari Jabir bin Abdillah Ra. menganjurkan muslim membaca doa tertentu di hari terakhir Ramadan sebagai berikut:

"Siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan di antaranya menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah."

BACA JUGA:3 Waktu Doa yang Paling Mustajab Saat Bulan Ramadhan, Ustaz Khalid Basalamah Beberkan Rahasianya

Doa Diakhir Bulan Ramadhan 

Adapun doa sunah yang dimaksud Rasulullah Saw. sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: