Jangan Sampai Rusak, Berikut 8 Tips dan Cara Rawat Mobil di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

Jangan Sampai Rusak, Berikut 8 Tips dan Cara Rawat Mobil di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

Cuaca panas yang berkepanjangan dapat berpengaruh buruk pada penurunan kinerja pada mobil-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahukah kamu ternyata cuaca panas yang berkepanjangan dapat berpengaruh buruk pada penurunan kinerja pada mobil

Pasalnya, suhu panas memberikan pengaruh buruk pada berbagai hal. Berbagai bagian dari mobil dimungkinkan mengalami penurunan fungsi sehingga perlu dilakukan perawatan.

Misalnya, suhu panas ekstrim yang sering terjadi di beberapa negara pernah membuat jalan aspal meleleh dan berdampak pula pada ban mobil yang ikut melunak.

Tak hanya itu, suhu panas turut memengaruhi rem, AC, dan bagian lainnya. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan beberapa tips perawatan mobil yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut diantaranya:

BACA JUGA:Filano Hybrid-Connected Hadir Dengan Warna Baru, Berikut Spedifikasi, Keunggulan, Dan Harga Jualnya

1. Ganti oli dan filter

Penggantian oli dan filternya akan meningkatkan usia mesin kendaraan. Jika oli sudah tidak layak, segera ganti yang baru. 

Oli yang sudah jelek ditambah suhu sekitar yang panas, membuat kinerjanya tidak maksimal dalam melindungi mesin.

2. Periksa aki

Aki mobil juga dapat rusak jika mendapatkan paparan panas tinggi yang berkepanjangan. Suhu berlebihan membuat elektrolit di dalamnya menguap lebih cepat. Periksa tingkat cairan aki dan tambahkan air suling bila diperlukan.

Jika yang digunakan aki kering yang, pemeriksaan bisa dilakukan pada panelnya. Jika ditemukan korosi sebaiknya dibersihkan dan waspadai kemungkinan kebocoran asam baterai.

BACA JUGA:Segera Meluncur, Ini Dia Gambaran Penyegaran Honda Beat Facelift 2024

3. Periksa cairan-cairan pada mobil

Berbagai jenis cairan di mobil perlu diperhatikan kualitasnya kondisinya. Cairan yang perlu dicek seperti air radiator, cairan kopling, hingga pelumas power steering. Cairan pembersih kaca juga perlu diganti secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: