Tips Cara Mengatur Uang THR Biar Masih Ada Sisa untuk Ditabung

Tips Cara Mengatur Uang THR Biar Masih Ada Sisa untuk Ditabung

Uang THR yang didapatkan harus diatur sedemikian rupa agar tidak langsung habis--

BENGKULUEKSPRESS.COM - THR memang diberikan untuk mencukupi kebutuhan hari raya. Meskipun sudah ada alokasi untuk berbagai kebutuhan, akan lebih baik kalau disisakan sebagian untuk ditabung. Gimana soal pengelolaan budget Lebaran tahun ini? Nggak sedikit yang lupa untuk tetap menyisihkan tabungan. Karena itu, kamu bisa simak tips berikut ini agar THR tetap ada sisa untuk ditabung.

BACA JUGA:Peralatan Rumah Tangga Ini Wajib Kamu Punya di Rumah

1. Buat Rencana Pengeluaran
Sejak awal kamu menetapkan tujuan untuk memiliki tabungan dari THR. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, maka kamu wajib bikin rencana pengeluaran sejak awal. Buat rencana pengeluaran Lebaran sedetail mungkin dan pastikan bahwa setiap pengeluaran kamu tercatat. Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi pencatat keuangan yang bisa diinstal di ponsel. Saat kamu sudah punya rencana tertulis untuk menabung, maka nantinya setiap aktivitas belanja lebih terkontrol.

2. Buat Prioritas untuk Setiap Pengeluaran
Selanjutnya, buat prioritas setiap pengeluaran, misalnya kebutuhan belanja hari raya, transportasi mudik, liburan keluarga, investasi, dan sebagainya. Pastikan bahwa pengeluaran yang dilakukan itu didahulukan dari yang utama. Sebisa mungkin batasi pengeluaran yang kurang penting, misalnya belanja yang impulsif dan tidak perlu.

BACA JUGA:Istilah dalam Pajak Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Jika memang harus belanja yang mahal, beli sesuatu dengan bijak. Jangan terlalu buru-buru untuk membeli hanya takut ketinggalan tren. Bandingkan juga harga barang tersebut dari beberapa toko sebelum membelinya.

3. Pisahkan Sejak Awal untuk Ditabung
Saat baru menerima uang THR dari kantor, sebaiknya segera kamu pisahkan sebagian untuk ditabung. Dengan begitu maka  secara otomatis punya tabungan dari THR. Setelah itu, baru alokasikan untuk belanja kebutuhan Lebaran, untuk biaya mudik, zakat, sedekah, liburan, dan sebagainya.

4. Miliki Target Tabungan yang Spesifik
Saat  punya tujuan yang spesifik, tentu akan lebih bersemangat untuk menabung. Karena itu, tetapkan tujuan yang spesifik untuk apa tabungan tersebut. Selain menentukan apa tujuannya, tentukan juga target waktunya. Saat kamu punya target, maka secara otomatis akan termotivasi untuk berusaha mewujudkannya. Jadi, saat ini kamu sudah punya target atau tujuan menabung untuk apa?

BACA JUGA:Begini Cara Budidaya Udang Vaname di Kolam Terpal Kecil

5. Bekerjasama dengan Pasangan
Buat  yang sudah berkeluarga atau sudah punya pasangan, masalah keuangan akan lebih baik kalau dibicarakan. Tujuan untuk tetap bisa menabung dari THR ini adalah hal penting setiap tahunnya. Apalagi kalau setiap tahun harus mudik ke tempat keluarga besar atau ke kampung halaman. Saat suami dan istri sama-sama bekerja dan mendapat THR, maka dari sini bisa dibuat kesepakatan tentang jumlah yang akan ditabung.

Saatnya Ajarkan Kebiasaan Menabung pada Anak-anak yang sudah berkeluarga tentu memiliki kebutuhan keuangan yang berbeda. Apalagi kalau anak-anak semakin besar dan mereka juga punya kebutuhan dan keinginan. Prinsip hidup hemat dan rajin menabung juga penting sekali untuk diajarkan ke anak.

BACA JUGA:Gede Banget! Penasaran Gaji Pegawai Pertamina Lulusan S1 Berapa?

Mulai dari hal-hal simple, ajak anak-anak untuk lebih memahami tentang uang. Jika orang dewasa mendapat THR dari kantor, saat lebaran pun anak-anak pada umumnya akan mendapatkan uang saku dari saudara atau keluarga.  Nggak harus serius dan sulit, sebenarnya mengajarkan anak tentang uang bisa lewat aktivitas bermain yang bikin mereka happy. Dengan begitu, pengalamannya lebih mengena dan anak-anak nggak akan terpaksa menjalankannya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: