Harga Cabai di Kota Bengkulu Melambung Rp90 Ribu Hingga Rp100 Ribu Per Kg

Harga Cabai di Kota Bengkulu Melambung  Rp90 Ribu Hingga Rp100 Ribu Per Kg

Ilustrasi bumbu dapur yang dijual di pasar-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Harga cabai naik menjelang ramadan di Pasar Minggu Kota Bengkulu, mencapai Rp90.000 per Kg. 

Hal ini disebabkan tidak adanya ketersedian stok dan faktor cuaca yang tidak stabil. 

Nela, salah seorang pedagang di pasar tersebut menjelaskan, bahwa harga cabai merah, yang sebelumnya mencapai Rp80.000 ribu per kg, kini mengalami kenaikan Rp90.000 ribu per kg. 

Bahkan, jenis cabai setan yang sebelumnya terjual dengan harga Rp50.000 ribu per kg, saat ini naik menjadi Rp90.000 ribu per kg. Sementara itu, untuk cabe hijau ada di harga Rp45.000 ribu per kg. 

Diakuinya, kenaikan ini terjadi akibat tidak adanya stok cabai dari kawasan pertanian dan mengakibatkan penurunan pasokan yang signifikan. 

BACA JUGA:Tanpa Jaminan dan Cair Hitungan Menit! 10 Pinjaman Online Terpercaya di Indonesia

Akibatnya, permintaan yang tetap tinggi namun pasokan yang berkurang secara drastis telah mendorong harga cabe. 

"kenaikan ini terjadi akibat tidak adanya stok cabai dari kawasan pertanian dan cuaca masih belum membaik,"ungkapnya Rabu 21 Februari 2024.

Meskipun kebutuhan bahan pangan seperti beras, ayam potong, minyak goreng dan lainya, menjelang bulan suci Ramadan masih relatif stabil. Namun cabai yang biasanya menjadi penyebab inflasi, masih tinggi. 

Menanggapi hal tersebut, Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi mengungkapkan bahwa hal ini disebabkan karena pasokan cabai dari produsen belum stabil setelah masa pemilu.

BACA JUGA:KUR Bank BJB 2024: Bunga, Tenor, Angsuran & Jumlah Pinjaman

Namun, ia optimis bahwa harga cabai akan kembali normal dalam waktu dekat. 

"Hal ini disebabkan karena pasokan cabai dari produsen belum stabil setelah masa pemilu. Namun, saya optimis bahwa harga cabai akan kembali normal dalam waktu dekat," tambahnya.

Ia juga mengatakan Untuk beras bulog stok cukup sampai Ramadan. Pihak bulog akan meyuplai 2 ton setiap Minggu ke pedagang, agar kebutuhan tetap terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: