Jangan Khawatir! Ini Cara Mengelola Gula Darah Selama Puasa

Jangan Khawatir! Ini Cara Mengelola Gula Darah Selama Puasa

Mengelola darah saat berpuasa--

Pilihlah makanan yang rendah gula, rendah lemak, dan tinggi serat. Perbanyaklah konsumsi sayuran, buah-buahan segar, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.

3. Hindari Makanan Manis dan Berlemak

Makanan tinggi gula dan lemak dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan menyebabkan lonjakan yang tidak diinginkan.

Hindarilah makanan manis seperti kue, permen, minuman bersoda, serta makanan berlemak tinggi seperti makanan cepat saji.

BACA JUGA:Inilah Fakta-fakta Kesehatan tentang Berpuasa

Sebagai gantinya, pilihlah camilan sehat seperti kacang-kacangan, buah-buahan segar, atau yoghurt rendah lemak.

4. Konsumsi Cairan yang Cukup

Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik selama puasa. Dehidrasi dapat memengaruhi kadar gula darah dan kesehatan secara keseluruhan.

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup antara berbuka dan sahur. Hindari minuman manis dan berkafein yang dapat memengaruhi kadar gula darah dan dehidrasi.

BACA JUGA:Penderita 11 Penyakit Ini Disarankan Jangan Berpuasa

5. Pantau Kadar Gula Darah dengan Teliti

Selama puasa, penting untuk terus memantau kadar gula darah Anda dengan teliti.

Anda mungkin perlu memeriksa kadar gula darah lebih sering daripada biasanya, terutama jika Anda merasa lemas, pusing, atau mengalami gejala hipoglikemia (kadar gula darah rendah).

6. Batasi Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Aktivitas fisik yang berlebihan selama puasa dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah yang berbahaya. Batasi aktivitas fisik yang intens selama periode puasa, terutama saat cuaca panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: