Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al Qur'an, Jangan Lupa Amalkan!

Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al Qur'an, Jangan Lupa Amalkan!

Doa sebelum dan sesudah membaca Al Qur'an-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kitab suci umat Islam, Al Qur'an, memiliki kedudukan yang sangat mulia dan dianggap sebagai panduan utama dalam kehidupan mereka.

Karena keagungan dan kemuliaannya, disarankan bagi setiap Muslim yang ingin membaca Al Qur'an untuk melakukan penyucian diri terlebih dahulu. Selain itu, disarankan pula untuk berdoa sebelum dan sesudah membaca Alquran.

Meskipun hanya membaca satu ayat pendek dari Al Qur'an, setiap amal tersebut akan dibalas dengan satu kebaikan dan dilipatgandakan hingga sepuluh kali lipat.

BACA JUGA:Agar Anak Rajin Sholat, Amalkan 5 Doa Berikut Ini, Insya Allah Berhasil

BACA JUGA:5 Doa Mencegah Kepikunan, Amalkan Setiap Hari

Hal tersebut sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW dalam suatu hadist yang artinya:

"Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, 'Rasulullah Saw bersabda: Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf, dan Miim satu huruf'," (HR Tirmidzi).

1. Doa Sebelum Membaca Al Qur'an

Awal dari membaca Alquran adalah dengan membaca ta’awudz, yang menurut mayoritas ulama diucapkan sebagai "A'udzu billahi minasy syaithonir rajiim." Tindakan membaca ta’awudz ini dianggap sebagai sunnah, bukan wajib.

Perintah untuk membaca ta’awudz disebutkan dalam ayat:

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآَنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya:

"Apabila kamu membaca Alquran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk," (QS An Nahl: 98).

BACA JUGA:Agar Rezeki Semakin Banyak, Amalkan Doa Ijazah dari Syaikhona Kholil Bangkalan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: