Mengenal Sejarah Kepopuleran Chocodot, Dodol Berbalut Coklat Khas Garut

Mengenal Sejarah Kepopuleran Chocodot, Dodol Berbalut Coklat Khas Garut

Chocodot, Oleh-Oleh Dodol Khas Garut Yang Nikmat -Akun Instagram @chocodot_catalogue-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Chocodot merupakan camilan berupa cokelat isi dodol Garut khas Jawa Barat.  Chocodot sangat diminati oleh para wisatawan saat berkunjung ke Jawa Barat. Tak Heran jika dodol ini telah menjadi  oleh-oleh khas Garut selain dodol dan kerajinan kulit. 

Belum banyak yang tahu jika Chocodot sendiri sebenarnya merupakan merek dagang yang sudah memiliki hak paten.

Chocodot diciptakan oleh Kiki Gumelar, pionir atau penggagas cokelat berbahan dodol di Garut dan tanah air. Merek Chocodot sendiri berada di bawah naungan PT. Tama Cokelat Indonesia yang bergerak di bidang olahan cokelat.

Produk dodol cokelat Garut ini secara resmi dan perdana diluncurkan ke masyarakat pada 2009. Dengan sentuhan sang pemilik, perusahaan ini sudah banyak melahirkan inovasi di bidang olahan cokelat.

BACA JUGA:Sejarah, Asal Usul, dan Keunikan Nasi Timbel Khas Jawa Barat yang Dibungkus Daun Pisang

PT. Tama Cokelat Indonesia pun sudah menciptakan berbagai variasi olahan cokelat, tentunya dengan Chocodot-nya, cokelat berbahan dodol yang pertama di dunia. 

Selain itu, ada juga cokelat isi krim buah, cokelat isi biji kopi, cokelat isi kurma, cokelat isi rempah-rempah, cokelat isi teh, serta berbagai kreasi cokelat lainnya. 

Salah satu kelebihan atau keunggulan Chocodot ini dibandingkan merek cokelat dodol lainnya, yaitu mengusung kearifan lokal daerah di Indonesia melalui kemasan dan rasa cokelatnya dengan slogan "COKELAT INDONESIA".

Chocodot pun sebenarnya merupakan akronim atau singkatan dari 'Chocolate with Dodol Garut' dan kini telah berubah menjadi "Indonesian Chocolate" dengan tujuan sang pemilik ingin mengenalkan cokelat Indonesia tak kalah dengan cokelat negara-negara lainnya di dunia.

BACA JUGA:Mencoba Cita Rasa Peuyeum Olahan Singkong Fermentasi Khas Bandung

Sedangkan ide Chocodot ini muncul melalui proses yang cukup unik, yaitu ketika dodol yang dipegang Kiki tidak sengaja dijatuhkannya ke dalam adonan cokelat. Mulai dari situlah muncul inovasi cokelat dengan isi dodol.

Ternyata, saat ia mencobanya, rasa dari cokelat yang tadi terdapat dodol di \adonannya itu enak dipadukan dengan rasa manis cokelat dan kenyalnya tekstur dodol. 

Cokelat dodol Garut  ini memiliki nama-nama yang menarik, menggunakan istilah-istilah yang (tengah) populer di kalangan anak muda dan masyarakat.

Beberapa di antaranya, yaitu 'Cokelat Anti Galau', 'Cokelat Enteng Jodoh', dan 'Cokelat Cetar Membahana' dengan rasa yang beraneka ragam mulai dari cokelat pahit, cokelat putih, serta cokelat susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: