Singgah Sejenak Menikmati Keindahan Air Terjun Lembah Anai di Kaki Gunung Singgalang

Singgah Sejenak Menikmati Keindahan Air Terjun Lembah Anai di Kaki Gunung Singgalang

Menikmati Keindahan Air Terjun Lembah Anai di Kaki Gunung Singgalang -Akun Insatagram @eksploredolan-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi kamu yang pernah berkunjung ke Sumatera Barat terdapat satu pemadangan alam yang sangat menakjubkan terlebih jika kamu melawati Padang Panjang, Bukit Tinggi, dan Batu Sangkar.

Saat kamu melewati ke tiga jalur tersebut kamu akan disuguhkan oleh keindahan Air Terjun Lembah Anai yang membuat perjalananmu lebih mengesankan. 

Keistimewaan Air Terjun Lembah Anai terletak pada lokasinya yang hanya berjarak beberapa meter dari bahu jalan, setiap pengendara akan menyaksikan keindahan air yang tertumpah dari tebing yang tinggi.

Air terjun ini merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah yang berhulu di atas Gunung Singgalang tepatnya terletak di Desa Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. 

Memiliki keindahan alam yang letaknya tak biasa, menjadikan Air Terjun Lembah Anai sebagai tempat favorit para pengendara yang lelah di perjalanan.

Setelah singgah di air terjun ini para pengunjung akan merasa lebih segar karena deburan air yang jatuh menciptakan embun-embun yang bisa membuat tubuh menjadi lebih fresh. 

BACA JUGA:Danau Batur Kintamani yang Terkenal dengan Cerita Rakyat, Begini Asal-usulnya

Bagi pengunjung yang ingin ke air terjun perlu melewati beberapa anak tangga, lalu mengikuti jalan datar dan turunan hingga sampai ke air terjun. Ada dua tempat yang dapat menjadi pilihan, yaitu menikmati air terjun dari atas atau lebih dekat. 

Jika ingin mendekat, pengunjung dapat turun beberapa meter lagi hingga bisa bermain air. Di sekitar kolam terjun cukup aman, karena ada bebatuan yang menjadi dasar tampungan air itu.

Pengunjung dapat berdiri di sekitarnya atau sekedar mengambil foto dengan latar belakang air terjun setinggi 35 meter. Kalau pengunjung lapar setelah bermain air, ada penjajan ketan durian di sekitar air terjun. 


Menikmati Keindahan Air Terjun Lembah Anai di Kaki Gunung Singgalang -Akun Insatagram @betuttriarso -

Selain itu, ada beberapa penjual makanan dan minuman di kawasan air terjun ini. Air Terjun Lembah Anai merupakan aliran air yang berasal dari Gunung Singgalang dan Gunung Marapi yang menerobos Bukit Barisan. Air Terjun Lembah Anai merupakan konsevasi Cagar Alam Lembah Anai.

Nah, Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa air terjun yang berada di pinggir jalan ini hanyalah salah satu dari tujuh air terjun yang dimiliki oleh kawasan Cagar Alam Lembah Anai.

Selain di dalam kawasan cagar alam ini, kita dapat menempuh perjalanan trekking selama sekitar 2 jam untuk dapat melihat keenam air terjun lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: