Racik Masker dari Bubuk Daun Kemangi, Tips Alami Kecilkan Pori-pori Agar Bebas Jerawat

Racik Masker dari Bubuk Daun Kemangi, Tips Alami Kecilkan Pori-pori Agar Bebas Jerawat

Manfaat daun kemangi-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pori-pori yang membesar dapat menjadi tempat penumpukan minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati. Kondisi ini nantinya bisa menyebabkan masalah, seperti jerawat dan tampilan pori yang melebar. Jika pori-pori terlihat besar, tektur kulit akan menjadi kasar dan warnanya terlihat kusam.

Untuk mengecilkan pori-pori wajah agar tak berjerawat, terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Pertama yaitu rutin membersihkan wajah secara teratur dengan menggunakan pembersih yang disesuaikan dengan jenis kulit kamu. 

Kamu bisa menggunakan sabun wajah dengan tekstur ringan, namun ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan pori-pori.

Cara yang kedua yaitu gunakan toner yang bisa mengecilkan pori-pori. Kamu bisa menggunakan toner ini setelah mencuci wajah. Gunakan toner dengan kandungan, asam salisilat atau glikolat yang bisa menyusutkan pori-pori.

BACA JUGA:Tips Terlihat 15 Tahun Lebih Muda Diusia 50 Tahun dengan Minuman Mengandung Kolagen Alami

Selain itu, kamu bisa membersihkan wajah dengan metode eksfoliasi kulit. Eksfoliasi ini bisa menggunakan produk ataupun memanfaatkan bahan-bahan alami, dengan memakai daun tulsi atau biasa dikenal kemangi, madu, dan curd atau yoghurt.

Kemangi dapat membantu menyempitkan pori-pori yang membesar karena kandungan zat-zat alami di dalamnya. Ini bisa membantu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak berlebih. Dilansir dari healthline, adanya sifat antiinflamasi dan antibakteri mampu mengurangi peradangan dan jerawat.

Kemudian, madu dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, madu juga membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit yang dapat menyebabkan pori-pori membesar. Sifat antibakteri, bisa membantu membersihkan pori-pori dan mencegah jerawat akibat infeksi bakteri.

Dan bahan terakhir yaitu curd atau dikenal yoghurt memiliki kandungan berupa asam laktat, yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan menjaga tekstur kulit agar tetap sehat.

BACA JUGA:Tanpa Beli Produk Pabrikan, Pakai Resep Ini Bikin Sendiri Minuman Kolagen Alami

Kandungan tersebut juga dapat membantu menyegarkan kulit dan merangsang regenerasi sel kulit baru.

Lantas bagaimana cara menggunakan bahan-bahan di atas untuk proses eksfoliasi pori-pori kulit? Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti : 

Bahan-bahan:

1. 1 sendok makan bubuk daun kemangi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: