Manfaat Lebih Merebus Air Sebelum Diminum, Ini Kata Kandinkes Kota Bengkulu

Manfaat Lebih Merebus Air Sebelum Diminum, Ini Kata Kandinkes Kota Bengkulu

Merebus air-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau masyarakat untuk mengganti galon isi ulang air minum yang tidak memiliki standar nasional Indonesia (SNI). 

Masyarakat dapat mengganti dengan galon yang memiliki sertifikat SNI.

Hal itu dilakukan agar menghindari dampak buruk yang bisa saja ditimbulkan oleh galon isi ulang yang beredar di Kota Bengkulu. 

Yang dikhawatirkan mengandung Bisfenol (BPA) yang dalam jangka panjang dapat memicu kangker.

BACA JUGA:Bahan dari Sumber Karbo Ini Bisa Buat Wajah Awet Muda dan Minim Keriput

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Joni Haryadi Thabrani, menjelaskan, saat ini Dinkes berupaya melakukan sosialisasi tentang galon isi ulang air minum yang berbahaya digunakan dan berharap masyarakat bisa mengganti galon tersebut dengan yang SNI. Sehingga diharapkan masyarakat dapat hidup sehat. 

“Banyak sekali beredar di Kota Bengkulu, oleh karena itu kita upayakan agar masyarakat dapat sadar dan mulai peduli dengan kesehatan dengan selektif memilih air minum agar terhindar dari zat bahaya BPA,” ujarnya, Sabtu (6/1/2024). 

Joni menerangkan, mengkonsumsi air yang berada didalam galon yang memiliki kadar BPA tinggi dapat berefek bagi kesehatan di jangka pendek dan jangka panjang yang dapat merugikan masyarakat. 

BACA JUGA:Masker Berbahan Umbi ini Bisa Bikin Wajah Glowing dan Cerah

Dampaknya tidak main-main, dampak jangka pendek itu hanya membuat tidak nyaman tenggorokan, tetapi saat dikonsumsi dalam jangka lama, bisa saja menimbulkan penyakit komplikasi dan juga kangker. 

Joni menjelaskan, lepasan BPA dari galon ke air minum yang disebabkan beberapa hal. Antara lain ialah beberapa perlakukan terhadap galon plastik air minum yang tidak diperlakukan secara standar.

Misalnya terpapar sinar matahari, lalu dipakai berulang-ulang, karena galon memiliki usia pakai, jadi kalau dipakai terus menerus, berpotensi melepaskan zat BPA ke air. 

Masyarakat diharapkan agar berhenti menggunakan galon yang tidak standar. Dan mulai melakukan penerapan hidup sehat dengan merebus air minum dalam kemasan sebelum dikonsumsi. 

BACA JUGA:Pori-pori Bersih dan Bebas Jerawat, Cukup Pakai 1 Jenis Buah Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: