Atasi Komedo Dan Pori-pori Besar, Cukup Lakukan Tips Menggunakan Bahan Berikut

Atasi Komedo Dan Pori-pori Besar, Cukup Lakukan Tips Menggunakan Bahan Berikut

Tips Menghilangkan Komedo--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penyumbatan yang terjadi pada pori-pori akan membuat kotoran menumpuk di rongga pori-pori hingga menimbulkan bintik-bintik kecil yang disebut komedo.

Komedo merupakan permasalahan yang timbul akibat penyumbatan pori-pori kulit yang disebabkan oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami kulit).

Komedo umumnya memiliki 2 bentuk, yaitu komedo putih (whiteheads) dan hitam (blackheads). Varian komedo putih merupakan gumpalan kotoran yang tersumbat di bawah lapisan kulit yang tertutup. 

BACA JUGA:Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami dan Permanen, Begini Caranya

Sementara itu, komedo hitam muncul saat kotoran yang tersumbat tadi mengalami oksidasi akibat interaksi dengan udara, sehingga menghasilkan warna hitam pada permukaan komedo.

Salah satu area wajah yang paling rentan terkena komedo adalah hidung. Pasalnya, hidung memiliki banyak kelenjar sebum (sebaceous glands). 

Terkadang, kelenjar minyak ini dapat memproduksi sebum secara berlebihan, entah itu akibat pengaruh faktor hormon atau kondisi cuaca panas. Kelebihan produksi sebum ini kemudian memudahkan kotoran menempel dan menyumbat pori-pori.

Bagi kamu yang menghadapi masalah ini, nggak perlu bingung. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif yang efektif untuk membersihkan hidungmu dari komedo membandel. 

Salah satunya dengan menggunakan campuran kopi dan tepung beras.

BACA JUGA:Menggunakan Pasta Gigi Untuk Menghilangkan Komedo, Amankah?

Bubuk kopi pada dasarnya mengandung kafein yang dapat membantu menyempitkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi sebum yang berlebihan. 

Selain itu, bubuk kopi juga mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Ditambah, adanya sifat eksfolian dari bubuk kopi sendiri dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan menciptakan permukaan kulit yang lebih halus.

Tepung beras adalah bahan alami lain yang efektif untuk mengatasi masalah di atas. Tepung beras mengandung kandungan nutrisi seperti vitamin B, mineral, dan asam amino yang bermanfaat untuk memberi nutrisi sehat pada kulit. 

Ketika diaplikasikan pada wajah, sifat eksfolian lembut dan absorben tepung beras bekerja secara efektif menyerap minyak berlebih dari kulit dan membersihkan pori-pori sehingga mengurangi jumlah kotoran di kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: