Inari, Dewa Kemakmuran dalam Mitologi Jepang yang Sering Disembah

Inari, Dewa Kemakmuran dalam Mitologi Jepang yang Sering Disembah

Inari sebagai dewa kemakmuran dan kesuksesan, menghasilkan daya tarik universal yang membantu menjelaskan popularitas Inari di seluruh Jepang--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Inari adalah dewa kemakmuran dan kesuksesan dalam mitologi Jepang. Simbol Inari yang paling umum dan terkenal adalah rubah, atau kitsune. Kitsune adalah salah satu makhluk supernatural paling populer (disebut yokai) dalam cerita rakyat Jepang.

Mereka adalah roh perempuan yang menggunakan tipu muslihat dan kelicikan untuk membantu atau menyakiti manusia di sekitar mereka. Karena Inari dianggap baik hati, hanya kitsune yang membantu yang dianggap sebagai pelayan sejatinya, dan mereka bertindak sebagai pembawa pesan dan pelindung Inari. Menyakiti salah satu rubah ini merupakan penghinaan terhadap Inari.

BACA JUGA:Daya Tarik Museum Tsunami Aceh, Destinasi Wisata Bersejarah Mengenang Peristiwa Tragis di Aceh

Inari adalah dewa populer yang memiliki lebih banyak kuil yang didedikasikan untuknya. Sepertiga dari semua kuil di negara Jepang adalah kuil Inari. Hal ini sebagian besar karena banyak atribut Inari telah memberikan arti penting dewa bagi masyarakat Jepang dan membantu Inari bertahan dalam ujian waktu.

Banyak kuil yang didedikasikan untuk Inari memiliki patung rubah di gerbangnya (torii) atau di tempat lain di luar kuil, menggantikan patung singa-anjing Komainu. Dalam konteks ini, mitologi Jepang tentang Inari hampir selalu perempuan.Selama berabad-abad, ketika masyarakat Jepang telah mengubah dan mengembangkan prioritasnya, Inari telah berubah seiring dengan budaya untuk mengambil peran baru.

Dalam beberapa abad terakhir, perubahan ini sebagian besar dibentuk oleh definisi baru tentang "kesuksesan" yang berasal dari era Meiji (1868–1912) dan kebangkitan kapitalisme sepanjang awal abad ke-20.  Karena Inari dalam mitologi Jepang menjadi menonjol di era pra-modern, ketika kepercayaan tidak seragam, para penyembah mulai memandang dewa secara berbeda dalam konteks yang berbeda. Hal ini membantu menjelaskan mengapa orang memandang Inari secara beragam sebagai laki-laki, perempuan, dan androgini.

BACA JUGA:Inilah Tempat Rahasia Persembunyian Tuyul

Demikian pula, identitas Inari yang luas telah memungkinkan orang-orang dari berbagai keyakinan dan praktik untuk memeluk dewa tersebut. Termasuk umat Buddha, yang menghubungkan Inari dengan berbagai sekte dan bodhisattva.

Misalnya, dalam Buddhisme Shingon, konsep feminin ilahi, daikiniten, terhubung dengan kekuatan rubah dan dengan demikian dengan Inari, memberinya kekuatan tambahan dari Buddhisme.

Hubungan Inari dan Kesuksesan Industri
Inari sebagai dewa kemakmuran dan kesuksesan, menghasilkan daya tarik universal yang membantu menjelaskan popularitas Inari di seluruh Jepang. Kemakmuran ini berlaku di bagian yang sama untuk pertanian dan industri, mengingat pentingnya Inari untuk pengrajin dan pandai besi selama periode Edo (1600-1868), karena selama periode ini pandai besi menjadi bagian penting dari industri Jepang dan budaya samurai.

BACA JUGA:Inilah Lima Hadits Rasulullah SAW Tentang Keistimewaan Wanita Salihah

Kemudian berlanjut hingga periode modern, dengan banyak perusahaan menonjolkan Inari; perusahaan kosmetik Jepang Shiseido, didirikan hampir 150 tahun yang lalu dan salah satu perusahaan kecantikan tertua di dunia, menganggap Inari sebagai dewa pelindung mereka.

Hubungan yang paling umum dengan mitologi Jepang Inari adalah hubungan mereka dengan pertanian,  khususnya beras. Dalam konteks ini, orang memandang Inari sebagai dewi perempuan yang berkahnya membawa kemakmuran pada panen. Hal ini meluas ke produk yang terbuat dari tanaman, seperti sake, alkohol Jepang yang dihasilkan dari beras yang difermentasi. Bola nasi yang populer, disebut Inarizushi, dinamai untuk Inari.

Selain nasi, Inari juga diasosiasikan dengan teh, makanan pokok masyarakat Jepang yang penting setidaknya selama seribu tahun terakhir, yang menempatkannya di pusat beberapa kebiasaan paling terkenal di Jepang.

BACA JUGA:Begini Tips Memancungkan Hidung Pesek Secara Alami!

Dimulai pada periode Edo, orang Jepang mulai mengasosiasikan Inari sebagai mitologi Jepang yang berhubungan dengan kerajinan, termasuk pengerjaan kayu, tekstil, dan terutama pandai besi dan pandai besi. Dalam konteks ini, orang biasanya menyebut Inari sebagai dewa laki-laki. Dia membimbing semangat para pembuat pedang, mengarahkan palunya ke logam panas.

Perluasan domain Inari sebagai mitologi Jepang ini mungkin sebagian karena Keshogunan Tokugawa, pemerintah militer Jepang selama periode Edo, mengubah bentuk utama kekayaan dari pajak berbasis beras menjadi standar emas, dan gagasan Jepang tentang "kesuksesan" mengikutinya.

Berdasarkan keterkaitannya dengan kesuksesan, Inari mengikuti pergeseran budaya ini, memperluas domainnya ke ranah emas dan logam lainnya. Selama periode Edo, pemujaan terhadap Inari mulai berubah dengan cara mempertahankan popularitasnya. Meskipun samurai telah memerintah di Jepang selama kira-kira lima abad sebelumnya, munculnya pandai besi dan ahli pedang selama Keshogunan Tokugawa membuat industri logam menjadi kuat.

BACA JUGA:Tips Jitu Merawat Miss V agar Bersih, Keset, Harum dan Rapat!

Karena mata uang Jepang berubah dari berbasis beras menjadi berbasis emas selama periode ini, peran Inari sebagai dewa kemakmuran dan kesuksesan berarti pengaruh dan pemujaan mereka dialihkan ke uang, kemakmuran, dan pandai besi.

Oleh karena itu Inari menjadi dewa pelindung pandai besi dan pendekar pedang, pelindung prajurit, dan pedagang dalam mitologi Jepang. Namun, hubungan mereka dengan pertanian dan teh tidak berubah, menyebabkan Inari menjadi kami yang terkait dengan domain lama dan baru ini.

Setelah Restorasi Meiji menata ulang kosmologi dan mitologi Jepang untuk mendukung Shinto Negara dan dengan demikian kami tradisional seperti Inari, kebangkitan kapitalisme dan korporasi membuat Inari menjadi dewa yang sangat populer selama periode Meiji, Taisho, dan Showa sebelum perang (1868-1945).

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Sabun Pepaya untuk Kecantikan Wajah yang Wajib Kamu Tahu!

Saat Jepang menjadi kekuatan ekonomi global, kebangkitan kepentingan ekonomi Jepang membuat Inari (bersama dengan kuil dan pendeta mereka) menjadi penting untuk dedikasi perusahaan baru, gedung perusahaan baru, dan perusahaan pada umumnya.

Sejak akhir Perang Dunia II, Inari tetap menjadi dewa yang sangat populer. Meskipun Shinto Negara dibubarkan pada tahun 1945, kuil Inari tetap bertahan dan tetap menjadi jenis kuil paling umum di Jepang. Korporasi masih mencari restu Inari ketika mereka membuka jalan baru, dan Inari dikaitkan tidak hanya dengan kesuksesan korporasi tetapi juga kemakmuran umum bagi individu, komunitas, dan negara secara keseluruhan. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: