Tingkatkan Profesionalisme Kerja, PWI Bengkulu Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Wartawan

Tingkatkan Profesionalisme Kerja, PWI Bengkulu Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Wartawan

Foto bersama peserta pelatihan peningkatan kapasitas wartawan oleh PWI Bengkulu-(foto: tri yulianti/bengkulekspress.disway.id)--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meningkatkan pengetahuan para wartawan Bengkulu terkait profesionalisme kerja jurnalistik, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu, Minggu (26/11/2023) menggelar pelatihan yang diperuntukkan bagi anggota PWI Bengkulu.

Pelatihan peningkatan kapasitas wartawan PWI Provinsi Bengkulu ini diisi oleh para pemateri yang berkompeten dibidangnya.

Seperti Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun dengan materi filosofi dan profesionalisme wartawan Indonesia, Zacky Antoni dengan materi hukum pers dan Marsal Abadi selaku Ketua PWI Provinsi Bengkulu dengan materi etika dan undang-undang pers.

Disampaikan Gubernur Bengkulu melalui Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh PWI Bengkulu. 

BACA JUGA:Masyarakat Bengkulu Larut Dalam Pementasan Teater Koma dengan Lakon Roro Jonggrang

Menurutnya, pers merupakan 1 dari 4 pilar demokrasi yang ada di Indonesia. Sehingga dengan adanya peningkatan kapasitas wartawan ini dapat meningkat pula karya jurnalistik yang dihasilkan wartawan Bengkulu khususnya yang tergabung dalam PWI Bengkulu.

"Pertama kita ucapkan selamat dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan hari ini. Jadi kemampuan dan kapasitas wartawan ini memang harus terus ditingkatkan," kata Khairil usia membuka kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas wartawan Bengkulu.

Sementara itu, Ketua Umum Pusat Hendry CH Bangun mengatakan, pelatihan yang dilakukan PWI Provinsi Bengkulu ini bagian dari peningkatan kinerja dan profesionalisme wartawan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

BACA JUGA:RUPS Bank Fadhilah Bahas Target 2024, Kejar Penyertaan Modal Rp 28 M

Selain itu, dengan materi yang diberikan diharapkan dapat menjadi pedoman serta di aplikasi dalam menjalani tugas kejurnalistikan.

"Dengan pelatihan ini kita berharap pers tetap independen dalam menjalankan tugasnya. Terkhusus pada pemilu 2024 ini, dengan adanya transisi kepemimpinan ini nantinya menjadi lebih baik dan terwujud 2045 emas," ungkap Ketum PWI Pusat.

Di sisi lain, selaku Ketua PWI Provinsi Bengkulu Marsal Abadi menyampaikan, kegiatan pelatihan ini diikuti  sebanyak 50 wartawan yang tergabung dalam anggota PWI Provinsi Bengkulu.

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi wartawan Bengkulu terkhusus PWI Bengkulu.

"Diharapkan dengan adanya pelatihan ini mereka bisa paham terkait kode etik jurnalistik dan pedoman undang-undang pers dalam menjalankan tugasnya," tutup Marsal Abadi. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: