Inilah Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan Tubuh

konsumsi susu kambing etawa secukupnya dapat membantu meningkatkan produksi imunoglobulin di dalam tubuh.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Susu merupakan jenis minuman yang dapat dikonsumsi untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Terdapat beberapa jenis Susu yang kerap dikonsumsi oleh manusia, salah satunya adalah Susu kambing etawa.

Perlu diketahui, Susu kambing etawa memiliki sejumlah manfaat yang dinilai lebih unggul jika dibandingkan dengan Susu sapi atau Susu kambing biasa, seperti kandungan protein yang lebih tinggi dan kandungan lemak jenuh yang lebih rendah.

BACA JUGA:Ini Dia Makanan yang Aman dan Menyehatkan untuk Penderita Jantung

Mari ketahui kandungan dan manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan selengkapnya melalui artikel berikut ini. Seperti yang disebutkan di atas, jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing etawa diketahui memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. Selain itu, susu kambing etawa juga mengandung lemak jenuh yang lebih rendah daripada susu sapi.

Bila diukur dalam takaran 200 mililiter, susu sapi memiliki kandungan 7 gram lemak jenuh, sedangkan susu kambing etawa hanya mengandung kurang lebih 5 gram lemak jenuh. Hal inilah yang membuat sebagian individu memilih untuk mengonsumsi susu kambing etawa daripada susu sapi.

BACA JUGA:Hindari! Inilah Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah

Kandungan Susu Kambing Etawa

Susu Kambing etawa juga memiliki kualitas yang berbeda jika dibandingkan dengan Susu Kambing biasa. Susu Kambing yang biasa dijual di pasaran umumnya berasal dari berbagai jenis kambing, baik kambing liar maupun kambing ternak. Sementara Susu Kambing etawa berasal dari jenis kambing hasil persilangan kambing Jamnapari dari India dan kambing lokal di Indonesia.

Pada dasarnya, persilangan kambing ini bertujuan untuk menghasilkan jenis kambing ternak yang berkualitas. Karena itu, kambing etawa yang dikhususkan sebagai hewan ternak telah melalui proses pemeliharaan yang terjaga dengan baik sehingga dapat menghasilkan produk susu yang mengandung nutrisi tinggi.

BACA JUGA:Klepto, Kenali dan Pahami Ciri-ciri Penderita Kleptomania!

Lebih lengkapnya, berikut adalah sejumlah nutrisi yang terkandung di dalam 200 mililiter susu kambing etawa.

Kalori: 130 kalori.
Karbohidrat: 13 gram.
Protein: 9 gram.
Lemak: 5 gram.
Kalsium: 200 miligram.
Fosfor: 160 miligram.
Kalium: 320 gram.
Natrium: 70 miligram.
Zat besi: 5 miligram.
Selain itu, susu kambing etawa juga mengandung berbagai zat mikronutrien lain, seperti seng, tembaga, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, dan vitamin C.

BACA JUGA: Kena Cacar Air Saat Usia Dewasa? Begini Cara Merawatnya
 
Manfaat Susu Kambing Etawa

Terdapat sejumlah manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan tubuh yang sayang bila dilewatkan, di antaranya adalah meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan tulang, membantu melancarkan sistem pencernaan, memelihara kesehatan jantung, hingga meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Berikut penjelasan selengkapnya.
 
1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Manfaat susu kambing etawa yang pertama adalah dapat meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, konsumsi susu kambing etawa secukupnya dapat membantu meningkatkan produksi imunoglobulin di dalam tubuh. Imunoglobulin sendiri merupakan protein yang diproduksi oleh sel-sel sistem imun tubuh untuk melawan alergen, virus, bakteri, dan jamur penyebab penyakit.

Selain itu, susu kambing etawa juga mengandung tinggi zat selenium yang penting dalam sistem imun. Selain dalam susu kambing, kandungan zat selenium juga dapat ditemui dalam susu sapi, namun jumlah kandungannya lebih sedikit.

BACA JUGA:Begini Cara Eksfoliasi yang Aman untuk Kulit Sensitif

2. Menjaga Kesehatan Tulang
Susu, termasuk susu kambing etawa, telah dikenal sebagai sumber kalsium dan fosfor yang dapat membantu menjaga Kesehatan tulang dan gigi. Pada anak-anak, konsumsi susu kambing etawa mampu mendukung proses pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah risiko stunting.

Sementara pada orang dewasa, konsumsi susu kambing etawa dinilai dapat mencegah risiko osteoporosis. Bahkan, karena mengandung zat selenium dan seng yang tinggi, susu kambing etawa dipercaya dapat meminimalkan risiko penyakit neurodegeneratif.

3. Menjaga Berat Badan Ideal
Khasiat susu kambing etawa berikutnya adalah adalah membantu menjaga berat badan ideal. Pasalnya, susu kambing etawa memiliki kandungan kalori, lemak, dan protein yang tinggi sehingga dapat mengendalikan nafsu makan serta memberikan efek kenyang lebih lama.

BACA JUGA: Tips Membuat Masker Wajah Alami yang Aman untuk Anak-Anak

4. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan
Salah satu manfaat susu kambing etawa adalah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Sebab, susu kambing etawa mengandung senyawa probiotik, yaitu oligosaccharides yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Selain itu, susu kambing etawa juga memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah bila dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini membuat susu kambing etawa relatif lebih aman untuk dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa.
 
5. Membantu Mengendalikan Kadar Kolesterol
manfaat susu kambing etawa selanjutnya adalah dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, susu kambing etawa mengandung lemak jenuh yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi.Karena itu, penderita kolesterol tinggi lebih disarankan untuk mengonsumsi susu kambing etawa dibandingkan jenis susu lain.

Bahkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi susu kambing, termasuk susu kambing etawa, mampu membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam pembuluh darah dan kantong empedu. Maka dari itu, konsumsi susu kambing etawa dapat mencegah terjadinya penumpukan plak kolesterol pada dinding pembuluh darah arteri sehingga turut meminimalkan risiko terjadinya serangan jantung (infark miokard) dan penyakit jantung koroner.Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi efektivitas susu kambing etawa dalam menurunkan kadar kolesterol.

BACA JUGA:Cuma Modal HP Bisa Gajian 11 Juta Sebulan dari Internet, Mau? Begini Caranya

6. Membantu Meningkatkan Produksi ASI
Bagi ibu menyusui, konsumsi susu kambing etawa dapat membantu meningkatkan produksi ASI atau air susu ibu. Selain itu, karena mengandung nutrisi yang lengkap, konsumsi susu kambing etawa juga dipercaya mampu menjaga kualitas ASI serta membantu memenuhi kebutuhan protein ibu menyusui.
 
7. Menjaga Kesehatan Kulit
Selain dikonsumsi, susu kambing etawa juga kerap dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan produk perawatan kulit, seperti losion dan sabun mandi. Hal ini dikarenakan susu kambing etawa mengandung asam lemak serta trigliserida yang dipercaya mampu melembutkan tekstur kulit.

Selain asam lemak dan trigliserida, susu kambing etawa juga mengandung vitamin A yang dapat melawan jerawat, memperbaiki kulit, serta menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Tingkat pH susu kambing etawa juga hampir sama dengan pH kulit manusia sehingga risiko terjadinya iritasi kulit lebih rendah.

BACA JUGA:Triton 4X4, Mobil Double Cabin Andalan Mitsubishi Harga Mulai Rp 290 Jutaan
 
Cara Minum Susu Kambing Etawa

Jika ingin memperoleh manfaat susu kambing etawa secara optimal, alangkah baiknya untuk memilih susu segar yang sudah melalui proses sterilisasi/pasteurisasi guna menjamin kebersihannya dari kontaminasi kuman atau patogen. Selain itu, penting pula untuk mengonsumsi susu kambing etawa secukupnya saja.

Pasalnya, meski lebih rendah dibandingkan susu sapi, susu kambing etawa tetap mengandung lemak jenuh yang perlu dibatasi asupannya. Adapun aturan minum susu kambing etawa yang disarankan adalah tidak lebih dari 200 mililiter per hari. Itu dia sejumlah manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan tubuh yang sayang jika dilewatkan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: