Obat Herbal dan Alami Ringankan Gejala Usus Buntu

Obat Herbal dan Alami Ringankan Gejala Usus Buntu

Ilustrasi obat alami untuk gejala usus buntu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah infeksi di usus buntu. 

Pasalnya, kandungan allicin dalam bawang putih diketahui efektif melawan bakteri E. coli dan Salmonella yang sering menyerang sistem pencernaan.

Selain itu, bawang putih juga mengandung zat aktif yang dapat membantu merangsang jenis sel tertentu untuk meningkatkan kerja sistem imun tubuh. Memiliki sistem imun yang kuat akan membuat tubuh mampu melawan virus dan bakteri pada usus buntu.

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele! Inilah Ciri-ciri Penyakit Sifilis pada Wanita

Cara mengonsumsi bawang putih untuk obat alami radang usus buntu adalah dengan menyertakannya sebagai bumbu masakan sehari-hari atau bila berkenan dengan mengunyah potongan bawang putih mentah yang telah dicuci bersih menggunakan air mengalir.

4. Sari Lemon

Sari lemon menjadi obat alami radang usus buntu karena memiliki sifat sitrus yang bisa membantu meringankan rasa nyeri dan peradangan pada gangguan pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin C pada lemon juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.

Untuk mengonsumsinya, Anda cukup memeras sari dari satu buah lemon, lalu campurkan dengan madu alami. Konsumsi obat alami ini beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Teh Daun Mint

Daun peppermint diketahui dapat membantu meredakan perut kembung akibat infeksi usus buntu. Selain itu, minyak esensial dari daun mint juga diyakini bisa mengatasi gangguan sistem pencernaan hingga sindrom iritasi usus.

Tak sampai di situ, aroma minyak daun mint yang menyegarkan juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi gejala radang usus buntu ringan, seperti mual. 

Untuk menggunakannya sebagai obat, Anda hanya perlu merebus 3–4 helai daun mint segar selama 5–10 menit, saring, lalu tambahkan 1 sdt madu asli untuk pemanis.

BACA JUGA:Tak Perlu Skincare Mahal, Begini Cara Cerahkan Kulit Alami, Mudah dan Efektif

6. Kunyit Putih

Ketika berbicara mengenai obat alami radang usus buntu, maka tak sedikit yang mengaitkannya dengan kunyit putih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: