Ketahui, Ini Obat Batuk Alami yang Efektif dan Aman

Ketahui, Ini Obat Batuk Alami yang Efektif dan Aman

Ilustrasi obat batuk alami-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Adapun cara meredakan batuk dengan daun mint adalah dengan memasukkan beberapa helai daun mint yang sudah bersih ke dalam air hangat/teh hangat, kemudian diamkan selama beberapa saat sebelum diminum. Konsumsi obat herbal ini secara rutin untuk memperoleh manfaatnya secara optimal.

3. Jahe

Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai obat tradisional sejak dulu kala. Jahe pun disebut-sebut dapat meredakan batuk secara alami karena memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Obat batuk berdahak alami ini juga mengandung zat analgesik (pereda nyeri).

Seduh jahe yang sudah dibersihkan dengan air hangat dengan menggunakan air putih, teh, atau susu. Sensasi hangat tersebut akan membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan serta melemaskan otot-otot tenggorokan yang menegang, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan akibat batuk. 

4. Kunyit

Rekomendasi obat batuk alami berikutnya adalah kunyit. Tanaman herbal ini memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang ampuh untuk melawan zat, partikel, atau kuman asing penyebab infeksi di saluran pernapasan, sehingga bisa mengatasi batuk berdahak maupun batuk kering.

Kunyit dapat dikonsumsi sebagai obat batuk alami dengan cara menghancurkan dan menghaluskannya hingga menjadi bubuk, lalu campurkan dengan susu hangat. Bisa juga mencampurnya dengan garam dan teh untuk meredakan gatal di tenggorokan.

Sebaiknya, hindari minum air putih setelah mengonsumsi obat herbal ini. Pasalnya, air putih dapat menghalangi mekanisme kerja senyawa anti inflamasi yang ada pada kunyit.

BACA JUGA:Saat Batuk Hindari Makanan Ini, Agar Cepat Sembuh

5. Madu

Obat alami berikutnya untuk meredakan batuk adalah madu. Madu memiliki efek antioksidan, antiinflamasi, dan demulcent. Di mana, kandungan demulcent tersebut berfungsi sebagai penenang dan pelindung tenggorokan dari iritasi/peradangan dengan cara membentuk lapisan pelindung di mukosa atau selaput lendir.

Tak sampai di situ, madu juga mengandung zat analgesik yang bisa membantu meredakan nyeri tenggorokan pada batuk kering/batuk berdahak.

Untuk mengonsumsi madu sebagai obat batuk alami, cukup dengan menelan satu sendok madu secara langsung. Bisa juga menambahkan madu pada teh hangat atau perasan air lemon untuk meningkatkan efektivitasnya dalam mengobati batuk kering atau berdahak.

Namun, pengobatan ini tidak disarankan untuk anak-anak yang berusia kurang dari satu tahun karena dikhawatirkan terjadinya penyakit infant botulism yang dapat menyebabkan kematian pada anak akibat kelemahan otot pernapasan. Jadi, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika dak memberikan madu kepada anak-anak.

6. Lemon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: