Ketahui, Ini Obat Batuk Alami yang Efektif dan Aman

Ketahui, Ini Obat Batuk Alami yang Efektif dan Aman

Ilustrasi obat batuk alami-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Batuk adalah reaksi alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari zat asing, lendir, atau molekul-molekul yang mengganggu pernapasan lainnya. 

Meski batuk cukup umum terjadi, kondisi ini dapat mengganggu dan menguras energi jika tidak segera diobati. 

Di samping pengobatan dari dokter, ada beberapa obat batuk alami yang bisa membantu mendukung penyembuhanya.

Rekomendasi Obat Batuk Alami yang Aman Dikonsumsi

Batuk adalah masalah kesehatan yang sudah sangat umum terjadi. Adapun penyebab batuk bisa beragam, antara lain karena cuaca, infeksi bakteri/virus, alergi, hingga faktor lingkungan. Apabila tingkat keparahan batuk cukup ringan, cobalah memanfaatkan beberapa obat batuk alami berikut ini :

BACA JUGA:Tips Mengobati Batuk Berdahak dengan Mudah dan Efektif

1. Air Garam Hangat

Obat batuk alami yang pertama adalah air garam. Air garam diketahui dapat membantu mengencerkan dahak dan menenangkan tenggorokan. 

Pasalnya, berkumur dengan air garam bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi tenggorokan. Selain itu, air garam juga bersifat menarik air, sehingga bermanfaat mengurangi bengkak yang menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Obat alami ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa, bahkan cara membuatnya juga cukup mudah. Cukup masukkan ½ sdt garam ke dalam 250 ml air hangat, lalu aduk hingga larut. Gunakan air garam untuk kumur setiap tiga jam sekali atau 3–4 kali sehari.

2. Daun Mint

Mint adalah tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat batuk alami karena diketahui bermanfaat untuk melegakan gejala gangguan saluran pernapasan atas seperti batuk. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan menthol pada mint yang bersifat sebagai analgesik, yakni pereda nyeri tenggorokan saat batuk.

Selain itu, mint juga menimbulkan sensasi dingin yang dapat melegakan tenggorokan, terutama jika tenggorokan dalam kondisi gatal akibat batuk.

BACA JUGA:Bayi Menderita Batuk? Begini Cara Aman dan Efektif Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: