Tips Mengobati Batuk Berdahak dengan Mudah dan Efektif

Tips Mengobati Batuk Berdahak dengan Mudah dan Efektif

Ilustrasi perempuan sedang batuk-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

3. Mengonsumsi Madu

Madu telah dikenal sebagai bahan alami yang mampu membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, tidak terkecuali pada batuk berdahak. Hal ini dikarenakan madu mengandung bahan bersifat antibakteri dan antiradang sehingga mampu meredakan rasa gatal di tenggorokan akibat gumpalan dahak.

BACA JUGA:Alami Payudara Bengkak dan Nyeri? Begini Cara Mengatasinya

4. Tidur Yang Cukup

Sebagai upaya mempercepat proses penyembuhan batuk berdahak, Anda dianjurkan untuk mencukupi waktu tidur, yaitu minimal 8–9 jam setiap malam. 

Pasalnya, mencukupi waktu istirahat turut membantu mengoptimalkan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi virus dan bakteri penyebab batuk berdahak.

Untuk mencegah menumpuknya dahak di tenggorokan, Anda dapat tidur dengan posisi kepala lebih tinggi menggunakan bantal tambahan. Namun, hindari menumpuk bantal secara berlebihan karena hal tersebut justru dapat menyebabkan nyeri leher.

5. Mengonsumsi Buah Nanas

Mengonsumsi buah nanas menjadi cara menghilangkan batuk berdahak yang mudah dan efektif berikutnya. Buah nanas mengandung enzim bromelain yang bersifat mukolitik sehingga dapat membantu memecah dan mengencerkan lendir yang menumpuk di tenggorokan.

Selain itu, enzim bromelain dalam buah nanas ini juga memiliki sifat antiinflamasi sehingga mampu mencegah dan mengobati radang tenggorokan karena batuk berdahak dalam jangka waktu lama.

BACA JUGA:Ini Cara Mengatasi Payudara Kendur agar Kencang Kembali, Jangan Minder!

6. Mandi dengan Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat bisa dilakukan untuk meredakan batuk berdahak karena uap air hangatnya dapat membantu mengencerkan dahak serta melegakan tenggorokan. Selain membantu mengencerkan dahak, mandi menggunakan air hangat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks serta meredakan rasa nyeri akibat batuk berkepanjangan.

7. Menggunakan Humidifier

Selain mandi dengan air hangat, Anda juga dapat menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara sebagai cara menghilangkan batuk berdahak. Pasalnya, pelembap udara ini turut membantu mengurangi produksi lendir di dalam tenggorokan yang bisa memperburuk batuk berdahak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: