Chemical Peeling, Ampuh Atasi Muka Kusam dan Berjerawat Bisa Hilang Seketika

Chemical Peeling, Ampuh Atasi Muka Kusam dan Berjerawat Bisa Hilang Seketika

Jenis peeling ini menggunakan bahan kimia yang sifatnya ringan, seperti alpha-hydroxy acid yang hanya berpengaruh pada lapisan terluar kulit.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Chemical peeling adalah salah satu perawatan kecantikan yang digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Perawatan wajah ini bertujuan untuk membuat wajah yang sebelumnya terlihat kusam dan berjerawat menjadi tampak segar serta bersih.

Perawatan chemical peeling perlu dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, ada berbagai risiko dan efek samping yang dapat terjadi jika perawatan ini tidak dilakukan dengan tepat. Mari simak penjelasan lebih lanjut mengenai chemical peeling dalam ulasan berikut ini.

BACA JUGA:Tryout UTBK SNBT 2024 Ruangguru, Disiapkan untuk Para Siswa Menghadapi Ujian PTN

Chemical peeling adalah perawatan wajah untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati (eksfoliasi) menggunakan bahan kimia khusus. Sebenarnya, chemical peeling tidak hanya bisa dilakukan di wajah, namun bisa juga di leher maupun tangan.Apakah chemical peeling bisa dilakukan sendiri? Perawatan ini tidak dianjurkan untuk dilakukan sendiri di rumah. Chemical peeling sendiri merupakan perawatan medis yang harus menggunakan krim khusus berbahan dasar kimia.

Salah satu risiko melakukan chemical peeling mandiri adalah terjadinya kerusakan kulit secara permanen. Hal ini mungkin terjadi apabila penggunaan cairan peeling tidak sesuai dengan jenis maupun kondisi kulit. Itulah sebabnya jenis perawatan wajah ini perlu dilakukan di bawah pengawasan dokter spesialis kulit.

BACA JUGA:Cara Tpp Up Saldo Flazz BCA Lewat Aplikasi Gopay

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari perawatan chemical peeling adalah sebagai berikut:

Memperbaiki penampilan dan tekstur kulit, sehingga kulit terasa lebih halus.
Memudarkan garis-garis halus dan kerutan di wajah.
Membantu mengatasi masalah jerawat.
Memudarkan bekas jerawat.
Membantu mengecilkan pori-pori kulit.
Mengatasi kemerahan pada kulit wajah.
Mencerahkan kulit.
Mengurangi risiko penyakit kanker kulit.
Mengatasi flek hitam di kulit wajah.
Memudarkan bercak melasma atau bercak kecokelatan akibat penggunaan pil KB, paparan sinar matahari, atau perubahan hormon selama kehamilan.

BACA JUGA:Manfaat Microneedling untuk Kecantikan dan Prosedurnya

Persiapan sebelum Menjalani Chemical Peeling

Sebelum menjalani perawatan ini, perlu diketahui bahwa chemical peeling tidak disarankan untuk orang dengan kondisi tertentu sebagai berikut:
Memiliki iritasi, luka, sunburn, dan infeksi pada kulit yang akan dilakukan perawatan.
Berusia di bawah 17 tahun.
Sedang mengonsumsi obat isotretinoin dalam 6 bulan terakhir.
Sedang dalam kondisi hamil atau menyusui.
Memiliki riwayat alergi terhadap agen chemical peeling.
Seseorang dengan riwayat penyakit psoriasis, penyakit jaringan ikat, dermatitis atopik, menerima terapi radiasi, atau baru saja menjalani operasi pada wajah.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Memakainya

Oleh karena itu, sebelum melakukan prosedur ini, dokter akan melakukan anamnesis (wawncara medis) dengan pasien untuk mengetahui riwayat kesehatan, alergi, serta obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Kemudian, dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan fisik pada kondisi kulit terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kulit pasien siap menerima bahan-bahan kimia yang akan digunakan.

Adapun persiapan lainnya yang perlu dilakukan seseorang sebelum menjalani perawatan wajah ini, antara lain:Menginformasikan kepada dokter terkait skincare yang sedang digunakan atau obat penunjang perawatan wajah yang sedang dikonsumsiTidak melakukan waxing, dermal filler, laser hair removal, dan elektrolisis dalam waktu seminggu terakhir sebelum menjalani perawatan.Bagi pria, hindari mencukur jenggot maupun kumis sebelum perawatan.Hindari penggunaan masker eksfoliasi sebelum perawatan. Datang dengan muka bersih tanpa pemakaian riasan atau pelembap wajah.

BACA JUGA:Cara Ampuh Menghindari Terbentuknya Kerutan Wajah Saat Tidur

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: