Tenggorokan Kering, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Tenggorokan Kering, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Ilustrasi sakit tenggorokan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tenggorokan kering merupakan kondisi yang umum terjadi dan bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti infeksi virus atau bakteri, udara kering, hingga radang amandel

Meski menimbulkan gejala yang ringan, tenggorokan kering dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, bagaimana cara mengatasi tenggorokan kering tersebut?

Penyebab Tenggorokan Kering

Sebelum membahas cara mengatasi sensasi tenggorokan kering, ada baiknya untuk mengenali penyebabnya terlebih dahulu. 

Terdapat beberapa kondisi medis yang bisa memicu terjadinya tenggorokan kering, diantaranya adalah :

BACA JUGA:Sakit Tenggorokan Akibat Streptokokus, Begini Cara Mengatasinya

1. Infeksi Virus dan Bakteri

Infeksi virus dan bakteri tertentu diketahui dapat menyebabkan terjadinya batuk pilek atau selesma serta faringitis. Dua kondisi medis tersebut dapat menimbulkan gejala berupa tenggorokan terasa kering dan gatal, nyeri saat menelan, dan demam.

2. Dehidrasi

Penyebab tenggorokan kering berikutnya adalah dehidrasi, yaitu kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Selain tenggorokan kering, dehidrasi juga dapat menyebabkan mulut dan lidah terasa kering, kepala terasa pusing, serta urine berwarna lebih gelap.

3. Alergi

Paparan senyawa alergen, seperti asap rokok, debu, atau serbuk bunga, diketahui bisa memicu reaksi alergi berupa batuk, bersin, hingga tenggorokan kering dan gatal.

4. Sleep Apnea

Apabila sering mengeluhkan tenggorokan kering dan perih setelah bangun tidur, hal tersebut bisa menjadi tanda dari sleep apnea. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: