Hipertensi, Beragam Mitos dan Fakta yang Perlu Dipahami

Hipertensi, Beragam Mitos dan Fakta yang Perlu Dipahami

Ilustrasi cek hipertensi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Fakta Mengenai Hipertensi

Selain mitos di atas, terdapat pula beberapa fakta mengenai hipertensi yang penting untuk dipahami dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Stres Dapat Memengaruhi Hipertensi

Tahukah Anda jika hipertensi bukan hanya dipengaruhi oleh kondisi fisik saja? Faktanya, kondisi pikiran seseorang juga sangat berpengaruh dalam memicu kondisi tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Penderita Hipertensi Wajib Tahu, Inilah 10 Buah Penurun Tensi

Orang-orang yang tidak mampu mengelola stres cenderung lebih mudah terkena hipertensi. Untuk itu, selain menjalani pola hidup sehat, Anda juga harus pintar mengelola stres.

2. Bisa Dialami Usia Muda

Mitos lain tentang hipertensi adalah bahwa kondisi ini hanya menyerang orang tua. Anggapan ini keliru karena faktanya usia muda juga bisa mengalami hipertensi. 

Oleh karenanya, menjalani pola hidup sehat sejak dini sangat penting untuk dilakukan. Selain bisa menghindarkan diri dari risiko hipertensi, pola hidup sehat juga memberikan banyak manfaat lainnya.

3. Tanpa Gejala

Banyak penderita hipertensi jarang mengetahui bahwa mereka menderita kondisi tersebut. Hal ini disebabkan karena hipertensi jarang menunjukkan gejala fisik sehingga diperlukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi hipertensi.

BACA JUGA:Cegah Hipertensi dengan Sinar Matahari

Melakukan medical check up dapat menjadi solusi untuk memantau kondisi kesehatan. Dengan begitu, Anda bisa memahami kondisi kesehatan dengan tepat, termasuk tekanan darah Anda.

Menyikapi Beragam Mitos dan Fakta Tentang Hipertensi

Dengan banyaknya mitos dan fakta yang beredar terkait hipertensi, Anda harus cerdas dalam menyikapinya. Sikap yang keliru akan membuat Anda mengambil keputusan yang keliru juga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: