Cuma Mitos! 5 Hal tentang Investasi Emas Ini Jangan Dipercaya

Cuma Mitos! 5 Hal tentang Investasi Emas Ini Jangan Dipercaya

Investasi saham sebuah perusahaan emas lebih baik dibanding investasi emas secara fisik--

BENGKULUEKSPRESS.COM - saat ini emas jadi salah satu jenis investasi yang banyak diminati. Sebelum memulai, pahami dahulu tentang beberapa mitos terkait investasi emas berikut ini. Bahkan jenis investasi emas ini merupakan salah satu yang popular. Emas dianggap memiliki nilai yang cenderung naik setiap tahun, bahkan tergolong investasi yang tahan terhadap inflasi.

Karena itu tidak heran bila banyak investor yang akhirnya memilih emas sebagai alokasi dana investasinya. Sayangnya, masih banyak orang yang memiliki pemahaman salah terkait investasi emas. Padalah emas telah menjadi instrumen investasi yang banyak kelebihan.Agar lebih jelas dan tidak ragu lagi untuk melakukan investasi emas, berikut adalah mitos-mitos yang ada terkait investasi emas. Apa saja?

BACA JUGA:Begini Cara Menutup Kartu Kredit: Manfaat dan Kerugiannya !

Jika mau investasi emas harus banyak uang dahulu

Ini jelas keliru. Sebab untuk memulai investasi emas di saat ini tidaklah harus memiliki uang atau punya kekayaan terlebih dakulu. Sabab investasi emas bersifat fleksibel dan bisa mengikuti kemampuan Anda. Bahkan saat ini investasi emas bisa terjangkau di berbagai jenis kalangan. Investasi emas bisa dimulai dari yang terkecil. Misal jika kemampuan Anda adalah membeli emas sebesar 0,01 gram, maka mulailah dengan hal itu. Siapapun bisa membeli dan memulai investasi emas di saat ini.

Ada risiko tinggi di investasi emas

Setiap investasi memang punya risiko. Tapi yang membedakan adalah besar kecilnya risiko  tersebut. Kabar baiknya, emas menjadi produk investasi yang memiliki diversifikasi portofolio yang bagus. Bahkan risiko investasi emas cenderung rendah. Terkadang, di saat jenis investasi lain mengalami penurunan, namun investasi emas terjadi sebaliknya. Itu sebabnya investasi emas memiliki sebutan investasi safe haven. Artinya investasi yang tidak memilii pengaruh pada kondisi ekonomi dan politik. Meski bisa naik turun, namun harga emas tidak pernah hingga sampai nol.

BACA JUGA:Cara Asik Berinvestasi Lewat Emas, Ini Tipsnya 

Emas adalah barang yang sulit dibeli, sulit disimpan, dan sulit dijual kembali

Jelas, jika ada pendapat seperti poin di atas, maka itu adalah mitos. Pasalnya saat ini untuk membeli dan menjual emas bukanlah sebuah hal yang sulit dilakukan. Banyak toko ritel tepercaya yang saat ini menawarkan jual beli emas yang aman. Bahkan saat ini emas bisa dilakukan jual belinya melalu layanan marketplace online.

Bahkan saat Anda membeli di marketplace online, Anda tidak perlu merasa khawatir memgang bentuk fisik emas dalam jumlah besar. Bahkan jika Anda memiliki bentuk fisik emas dalam jumlah besar, saat ini ada sewa atau jasa penyimpanan emas dalam jumah besar, misalnya di pegadaian. Jadi Anda bisa menutipkan emas tersebut. Bahkan proses titipannya juga bisa dapatkan manfaat tambahan lain seperti fasilitas plafon pinjaman atau kredi senilai emas yang Anda titipkan.

BACA JUGA:Mobil Transmisi Manual? Kenali Masalah dan Cara Merawatnya

Investasi saham sebuah perusahaan emas lebih baik dibanding investasi emas secara fisik

Banyak perusahaan emas yang yang memang menawarkan sahamnya untuk investasi. Tapi Anda harus ingat bagaimana investasi saham itu bekerja. Memang, saham perusahaan emas bisa terpengaruh harga emas itu sendiri. Investasi saham, seperti kita tahu, juga memiliki nilai risiko lebih besar. Jadi meski terkadang saham perusahaan emas jauh lebih tinggi karena kondisi tertentu dan lebih tinggi daripada harga ema situ sendiri, namun risikonya juga tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: