Penting !!! Tetap Jaga Kinerja Rem Tangan Mobil, Begini Caranya

Penting !!! Tetap Jaga Kinerja Rem Tangan Mobil, Begini Caranya

Ilustrasi rem tangan mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Komponen yang satu ini cukup penting bagi mobil. Selain bisa dimanfaatkan ketika parkir agar mobil tidak berjalan sendiri, rem tangan juga bisa berfungsi sebagai rem darurat ketika terjadi rem blong.

Karena fungsinya yang vital, pemilik mobil sebaiknya mengetahui perawatan rem tangan yang benar agar kinerjanya tetap maksimal.

Perawatan rem tangan sebenarnya cukup mudah, dimulai dari cara menggunakannya dengan benar. Rem tangan mobil memiliki gerigi atau yang biasa disebut gear. Posisi gear ini berada pada pangkal rem yang berfungsi untuk mengatur kedalaman rem dan mengunci rem pada kedalaman yang diinginkan. 

Kemudian, rem tangan juga memiliki tombol release pada ujung tuas yang berfungsi untuk melepas kunci kedalaman rem pada gear.

BACA JUGA:Tips Perawatan Aki Mobil Biar Tetap Awet, Salah Satunya Jangan Biarkan Pintu Mobil Terbuka Saat Mesin Menyala

Ketika akan melepas rem tangan mobil, pastikan selalu menekan tombol release untuk meminimalir gerakan gear. Fungsinya adalah menjaga gear dalam keadaan baik dalam waktu yang lebih lama.

Selanjutnya, jangan terlalu keras pada saat akan menarik rem tangan mobil. Sebaiknya gunakanlah tarikan yang sedang atau perlahan yang berfungsi untuk menjaga gerigi bekerja secara tepat dalam mengunci serta untuk memelihara kabel rem agar lebih awet.

Selain menerapkan kebiasan di atas, hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan kotoran baik berupa debu atau kerak pada cakram. Hal ini harus dilakukan karena akan sangat berpengaruh terhadap performa rem tangan mobil. Bila tak yakin melakukannya sendiri, sebaiknya bawa ke bengkel resmi untuk dibersihkan.

BACA JUGA:Mau Beli Mobil Matic? Ketahui Dulu Kekurangannya Sebelum Menyesal

Selain itu, pemilik mobil juga sebaiknya mengetahui apa saja yang menyebabkan kampas rem lebih cepat menipis. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan mengemudi. 

Misalnya, terlalu sering menahan pedal rem ketimbang menarik tuas rem tangan saat sedang berhenti. Kondisi ini diperburuk dengan posisi tuas yang tetap di posisi D pada mobil matic.

Kebiasaan berikutnya yang membuat kampas rem di mobil matic cepat menipis yakni jarang mengoper tuas ke posisi netral saat akan berhenti di lampu merah. Hal ini akan membuat rem bekerja lebih keras. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: