Ini Dia Manfaat Gambir untuk Kesehatan Lambung

Ini Dia Manfaat Gambir untuk Kesehatan Lambung

Sejak dulu kala manfaat gambir juga telah digunakan sebagai bahan untuk memudahkan proses penyamakan kulit.--

Gambir ternyata juga sebagai sumber antioksidan. Daun gambir mengandung zat kimia yang disebut katekin. Katekin merupakan salah satu sumber manfaat antioksidan alami yang dapat menyerang sistem yang terkena radikal bebas. Senyawa ini juga dipercaya menjadi komponen alami untuk menyerang berbagai jenis penyakit. Beberapa negara meyakini perlakuan ini seperti India dan Pakistan. Untuk indonesia hanya masyarakat tertentu yang meyakini yang suka akan obat tradisional.

BACA JUGA:Dihujani Rezeki Tak Pernah Putus Bagi Pemilik Weton Tibo Sri

4. Mempermudah Proses Penyamakan Kulit

Sejak dulu kala manfaat gambir juga telah digunakan sebagai bahan untuk memudahkan proses penyamakan kulit. Daging hewan tertentu seperti ular, ikan, buaya dan berbagai jenis hewan lainnya biasa digunakan untuk produk dan aksesoris pakaian. Bahan gambir membuat proses penyamakan menjadi lebih cepat dan membuat kulit yang dihasilkan tidak cacat.

BACA JUGA:Sayang Banget! 5 Weton Ini Terlahir Cantik tapi Susah Dapat Jodoh, Apa Kamu Termasuk?

5. Obat Gangguan Mulut

Manfaat gambir yang tak kalah menarik yaitu bisa digunakan sebagai obat gangguan mulut. Berbagai jenis gangguan atau penyakit pada mulut seperti sariawan, mulut kering, dan luka gusi ternyata juga bisa disembuhkan dengan gambir. Sejarah gambir untuk mengatasi keluhan tersebut tidak lepas dari kebiasaan orang tua mengunyah pada jaman dahulu. 

Berbagai jenis bahan senyawa yang ditemukan di gambir mampu menangani setiap keluhan mulut. Caranya dengan hanya mengunyah atau menempelkan tumbukan gambir pada bagian yang terluka.

BACA JUGA:Amalan Panarik Rezeki saat Seret, Amalkan Sholawat Jibril 500 kali

6. Obati luka bakar

Luka bakar sering meninggalkan bekas luka atau lapisan kulit luar hitam yang menggelembung dan meninggalkan rasa nyeri. Untuk mempercepat proses penyembuhan maka bisa mengaplikasikan manfaat gambir.  Daun Gambir yang sudah dilumatkan atau dihaluskan bisa ditempelkan di atas luka bakar. Efek dingin luka bakar yang dihasilkan mampu mempercepat pemulihan dan meminimalkan jaringan parut.

7. Obat jerawat

Manfaat gambir juga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Gambir yang sudah diolah menjadi bentuk yang kemudian dipadatkan ekstraknya akan diolah kembali menjadi masker. Kandungan antioksidan pada gambir dapat membuat jerawat dan menyembuhkan luka tanpa meninggalkan bekas luka. Pemakaian obat jerawat dua kali seminggu juga tidak meninggalkan efek samping apapun bagi jerawat.

BACA JUGA:Gelar Workshop Pelatihan Buku Ajar Berbasis Penelitian, Jurusan KS Unib Gandeng Penerbit Deepublish

8. Mencegah Penuaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: