Selain untuk Kecantikan, Ini 5 Manfaat Pijat Gua Sha bagi Kesehatan

Selain untuk Kecantikan, Ini 5 Manfaat Pijat Gua Sha bagi Kesehatan

Dalam dunia kecantikan, terapi gua sha sering digunakan untuk mencegah penuaan dini, mencerahkan wajah, menyerap skincare, hingga mencegah timbulnya jerawat.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gua sha merupakan nama lain dari kerokan atau pijat yang diambil dari bahasa China. pijat tradisional ini menggunakan batu giok berbentuk pipih dan bertepi halus sehingga bisa memberikan tekanan yang pas pada titik pijat tanpa menyebabkan luka atau rasa sakit berlebih. Hal ini jelas berbeda dengan pijat atau kerokan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

BACA JUGA:Agar Rezeki dan Usaha Lancar, Amalkan 5 Doa ini

Dalam dunia kecantikan, terapi gua sha sering digunakan untuk mencegah penuaan dini, mencerahkan wajah, menyerap skincare, hingga mencegah timbulnya jerawat. Di sisi lain, terapi gua sha ternyata juga bisa memberikan manfaat lain yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh. Nah untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut ini.

1. Bantu Redakan Nyeri Leher

Ketegangan pada otot menjadi penyebab umum dari munculnya rasa nyeri pada leher. Hal ini bisa terjadi karena postur tubuh yang kurang baik saat tidur.Di samping itu, kebiasaan mempertahankan tubuh pada satu posisi dalam waktu yang lama juga bisa memicu ketegangan otot leher, misalnya membungkuk pada saat bekerja, atau duduk terlalu lama.

BACA JUGA:SIMAK! Cara Top Up DANA lewat ATM, Alfamart, dan Indomaret

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan teknik pijat gua sha dengan gerakan dari atas ke bawah pada bagian leher yang terasa sakit. Efektivitas gua sha dalam mengatasi nyeri leher juga telah dibuktikan secara ilmiah dalam jurnal Pain Medicine. Peneliti menyebutkan bahwa rasa sakit yang muncul akibat nyeri leher lebih cepat reda dengan menggunakan terapi gua sha dibanding bantal pemanas.

2. Mengatasi Berbagai Masalah pada Kulit Wajah

Terapi gua sha dapat membantu meredakan ketegangan, mengurangi bengkak, dan peradangan pada kulit wajah. Bahkan, gerakan pijatan yang dilakukan juga bisa membantu mengurangi tekanan sinus. 

Kendati demikian, Anda harus berhati-hati saat melakukan pijatan di sekitar hidung. Pasalnya, area tersebut memiliki pembuluh darah kecil yang rentan pecah akibat tekanan berlebihan. Jadi, Anda cukup memberikan tekanan secara perlahan dan ringan untuk mencegah timbulnya luka.

BACA JUGA:Cara Cairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online, Ikuti Langkahnya!

3. Meringankan Gejala Perimenopause

Perimenopause merupakan periode transisi yang dialami wanita ketika akan memasuki masa menopause. Pada periode ini wanita akan mengalami beberapa gejala fisik dan psikis, seperti siklus menstruasi yang tidak teratur, sakit kepala, insomnia, kecemasan, hingga ketidakstabilan mood.

Pijat gua sha dinilai ampuh untuk meringankan gejala perimenopause. Tentunya dengan kombinasi dari terapi medis agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: