Wajib Diikuti oleh Para Istri di India! Ini Dia Makna di Balik Tradisi Karva Chauth

Wajib Diikuti oleh Para Istri di India! Ini Dia Makna di Balik Tradisi Karva Chauth

SUV listrik ini memperkenalkan platform infotainmen baru berbasis Android Automotive dan dikembangkan dengan perusahaan perangkat lunak Volkswagen Group, Cariad.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kalian penggemar serial dan film India? Jika iya, pasti kalian tidak asing dengan tradisi Karva Chauth, kan? Bukan hanya tradisi biasa, ternyata Karva Chauth menyimpan sejarah, tujuan, tahapan, dan peraturan khusus di dalamnya, lho.

Tradisi ini wajib diikuti oleh setiap wanita Hindu yang telah menikah. Mengapa demikian? Karena tujuan dari Karva Chauth ini adalah untuk mendoakan keselamatan, rezeki, dan harapan umur panjang bagi suami mereka.

BACA JUGA:Tiap Hari Nikmati Saldo DANA Gratis Rp100.000 Cair Langsung ke Akun E-Wallet

Dilansir dari Indian Culture, upacara Karva Chauth juga memiliki tujuan lain yaitu sebagai tanda untuk merayakan berakhirnya musim panen. Perayaan ini diharapkan dapat memperkuat ikatan antara semua anggota keluarga.

Karva Chauth secara rutin digelar setiap tahunnya berdasarkan penanggalan kalender Hindu yaitu pada hari keempat di bulan Kartik. Tradisi ini dilakukan hampir di semua wilayah India termasuk Punjab, Haryana, Madhya Pradesh, Himachal Pradeh, dan Rajasthan.

BACA JUGA:Punya Rezeki Melimpah dan Kaya Raya! Pemilik Weton Ini Mengangkat Derajat Keluarganya

Dilansir dari Hindustan Times, saat hari Karva Chauth tiba, setiap wanita yang telah menikah akan melakukan puasa Nirjala bagi suami mereka. Sebelum menjalankan puasa, mereka akan makan Sargi saat subuh. Sargi adalah makanan yang dikonsumsi oleh para istri sebelum matahari terbit di hari Karva Chauth. 

Selanjutnya para istri tidak boleh makan dan minum sepanjang hari. Mereka baru boleh membatalkan puasa saat bulan telah terbit di malam hari. Saat itu, para suami akan menemani dan menyuapi istri mereka.

BACA JUGA:Ini Dia Dampak Negatif Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain

Selama perayaan tersebut ada beberapa ritual yang harus dilakukan oleh para istri misalnya, menggunakan mehendi atau henna di tangan mereka, mengenakan mangalsutra, bindi, dan perhiasan. Semua itu merupakan simbol dari nasib baik, kekayaan, dan kebahagiaan dalam kehidupan pernikahan.

Selain ritual, ada juga pantangan yang harus dihindari oleh para istri selama perayaan Karva Chauth. Contohnya, mereka tidak boleh menggunakan pakaian berwarna hitam atau putih, tidak boleh makan daging, dan tidak boleh menggunakan alat seperti gunting atau pisau.

BACA JUGA:Jual BBM Subsidi Ilegal, Warga Seluma dan Operator SPBU Ditangkap Polda Bengkulu

Nah itulah sedikit sejarah dan tujuan dari tradisi Karva Chauth yang dilakukan setiap tahun oleh semua wanita yang telah menikah di negara India.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: