Ternyata Menggunakan Siwak Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Ternyata  Menggunakan Siwak Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Kandungan antibakteri pada siwak terbukti ampuh dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Cara kerjanya mirip dengan fluoride pada pasta gigi konvensional yang biasa Anda pakai sehari-hari.--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Siwak merupakan alat pembersih gigi berbentuk seperti stick dengan warna coklat muda yang terbuat dari batang pohon Salvadora persica. Pohon ini banyak tumbuh di negara-negara semenanjung Arab yang memiliki iklim gurun dengan oasis serta padang rumput sabana.

Saat ini, ada 50 persen orang di Arab Saudi dan Pakistan lebih memilih penggunaan siwak dibanding sikat gigi modern, karena dinilai lebih efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bahkan, Organisasi kesehatan Dunia atau WHO juga telah mengakui efektivitas siwak, dan mengajak masyarakat untuk menggunakannya sejak tahun 1987 lalu.

BACA JUGA:Semua Masalah Tuntas, Gus Baha Sarankan Amalkan Kalimat ini dengan Konsisten

Kehebatan siwak dalam menjaga kesehatan rongga mulut berasal dari benzyl isothiocyanate yang memiliki efek antibakteri sehingga mampu mengatasi berbagai masalah pada rongga mulut, terutama gigi dan gusi. Lantas, seperti apa pembahasan lebih lanjut tentang manfaat siwak? Berikut empat diantaranya.

1. Mencegah Gigi Berlubang

Kandungan antibakteri pada siwak terbukti ampuh dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Cara kerjanya mirip dengan fluoride pada pasta gigi konvensional yang biasa Anda pakai sehari-hari. Namun, fluoride bisa saja memberikan efek negatif bagi tubuh jika Anda tak sengaja menelannya. 

BACA JUGA:Fitur Shopee Pinjam Kamu Belum Muncul, Ikuti Cara Ini

Terlebih pada Anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan. Pasalnya, efek samping yang ditimbulkan bisa menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Sedangkan siwak tidak memiliki efek samping yang merugikan tersebut, sehingga lebih aman digunakan. 

Tak hanya itu, mengunyah ujung batang siwak juga dapat meningkatkan produksi air liur. Alhasil, kesimbangan pH dalam rongga mulut dapat terjaga, serta menurunkan risiko gigi berlubang akibat pengikisan oleh asam.

BACA JUGA:Begini Cara Bayar OVO PayLater Lewat Tokopedia, BCA dan OVO Cash

2. Membersihkan Plak Gigi

Plak gigi terbentuk dari bakteri dan kotoran yang mengendap dalam waktu lama pada sela-sela gigi dan gusi. Jika tak segera diatasi, plak tersebut akan berubah menjadi karang gigi yang sulit dibersihkan dengan cara yang biasa. 

Namun Anda tak perlu khawatir, dengan kandungan benzyl isothiocyanate dan silika, plak gigi serta noda kuning akibat asap rokok bisa diminimalisir oleh siwak. 

BACA JUGA:Pesan WhatsApp Bisa Ditransfer dari iOS ke Android, Begini Caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: