Ingin Dapat Petunjuk Terbaik? Begini Tata Cara Shalat Istikharah Berserta Niat dan Doanya

Ingin Dapat Petunjuk Terbaik? Begini Tata Cara Shalat Istikharah Berserta Niat dan Doanya

Dalam konsep istikharah, jika apa yang hendak kita lakukan baik menurut Allah SWT, biasanya Allah akan memudahkan jalannya dan memiliki dampak baik.--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Shalat Istikharah merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilakukan umat Muslim ketika dihadapkan pada dua pilihan tertentu. Semisal dalam masalah jodoh bagi orang yang sedang memilih pasangan hidup, memilih tujuan kampus bagi seorang pelajar, dan sebagainya. Dengan shalat istikharah diharapkan seseorang akan mendapat petunjuk dari Allah agar diberi pilihan terbaik.

Dasar anjuran shalat istikharah adalah, sebagaimana dikutip Imam an-Nawawi dalam Al-Adzkar, sebuah hadits riwayat Imam al-Bukhari, Jabir bin Abdillah berkata:

BACA JUGA:Kepala Puskesmas Pasar Ikan Bengkulu Ditetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا الاسْتِخَارَةَ فِي الأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ

Artinya: “Rasulullah SAW mengajari kami (para sahabat) untuk salat istikharah ketika menghadapi setiap persoalan, sebagaimana beliau mengajari kami semua surat dari Al-Quran. Beliau bersabda, ‘Jika kalian ingin melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat sunnah dua rakaat ...”’ (HR Imam al-Bukhari). (An-Nawawi, al-Azdkar, 1997: 137)

Tata Cara Shalat istikharah

Secara teknis, shalat istikharah dilakukan sebanyak dua rakaat dengan niat sebagai berikut: 

  أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى 

BACA JUGA:Jawab Penantian Konsumen, AHM Luncurkan Sepeda Motor Listrik Honda EM1 e:

Ushallî sunnatal istikhârati rak’ataini lillâhi ta’âlâ. 

Artinya: “Aku berniat shalat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Bacaan dan Doa Shalat Istikharah

Untuk bacaannya, sebagaimana dijelaskan Imam al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulumiddin, pada rakaat pertama membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Kafirun; sementara pada rakaat kedua membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Ikhlash. Kemudian, selesai salam membaca doa berikut:

 BACA JUGA:Gilaa! Honda Keluarkan Motor Sport Baru Mesin 160 cc, Harga Rp21 Jutaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: