Doa Ketika Hendak Bepergian Berdasarkan Sunah Kanjeng Nabi

Doa Ketika Hendak Bepergian Berdasarkan Sunah Kanjeng Nabi

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan kita cara berdoa saat bepergian agar selamat dunia dan akhirat-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu aktivitas yang kerap dilakukan manusia adalah bepergian. Mulai dari bepergian jarak dekat seperti ke desa tetangga sampai bepergian jarak jauh seperti ke luar kota dan mancanegara.

Hal ini wajar mengingat manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan orang lain demi keberlangsungan hidupnya.

BACA JUGA:Begini Cara Mensucikan Laptop yang Terkena Najis!

Tidak hanya itu, manusia melakukan perjalanan terkadang untuk silaturahmi seperti fenomena yang sering kita temui saat momentum lebaran. Ada pula yang sekedar melepas penat, atau perjalanan religi seperti berziarah ke makam-makan para wali ulama.

Agar Perjalanan Selamat Sampai Tujuan

Saat bepergian, setiap orang pasti menginginkan keselamatan atas diri dan hal-hal yang ada padanya hingga sampai ke tempat tujuan, dan menginginkan hal yang sama pula begitu kembali pulang ke kediaman. Nah, siapa pun yang menginginkan bepergian dengan selamat bisa membaca doa berikut ini;

بِاسْمِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللَّهُمَّ ازْوِ لَنَا الْأَرْضَ، وَهَوِّنْ عَلَيْنَا السَّفَرَ، ‌اللَّهُمَّ ‌إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَمِنْ كَآبَةِ الْمُنْقَلَبِ، وَمِنْ سُوءِ الْمَنْظَرِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

“Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, Engkau adalah pendamping dalam perjalanan, dan khalifah dalam keluarga. Ya Allah dekatkanlah perjalanan kami, dan mudahkan kami untuk bepergian. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesengsaraan perjalanan, kesuraman perjalanan, dan pandangan buruk tentang harta dan keluarga.”

BACA JUGA:Tanggal Lahir Ini Ditakdirkan Kaya Raya Tapi Banyak Musibahnya!

Doa di atas merupakan doa yang biasa dibaca Nabi Muhammad Saw. ketika hendak bepergian. Sebagaimana dalam hadis riwayat Imam Malik;

حَدَّثَنِي مَالِكٌ أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا وَضَعَ رِجْلَهُ فِي الْغَرْزِ، وَهُوَ يُرِيدُ السَّفَرَ يَقُولُ: «بِاسْمِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللَّهُمَّ ازْوِ لَنَا الْأَرْضَ، وَهَوِّنْ عَلَيْنَا السَّفَرَ، ‌اللَّهُمَّ ‌إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَمِنْ كَآبَةِ الْمُنْقَلَبِ، وَمِنْ سُوءِ الْمَنْظَرِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ»

“Menceritakan kepada kami Malik, bahwa dirinya diberitahu bahwasanya Rasulullah Saw. begitu meletakkan kakinya di sanggurdi dan hendak bepergian beliau senantiasa mengucapkan Bismillaahi Allaaahumma antas shaahibu fissafari wal khaliifatu fil ahli. Allaahumma izwi lanal ardla wa hawwin ‘alainas safara. Allaahumma innii a’uuzubika min wa’tsaais safari wa min kaaabatil munqalabi wa min suuil manzhari fil maali wal ahli (doa di atas).”

BACA JUGA:Punya Khodam Nyi Blorong, Tanggal Lahir Ini Hidupnya Makmur Kaya

Demikian penjelasan terkait doa ketika hendak bepergian berdasarkan Sunnah Rasulullah Saw. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bi al-shawab.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: