Ponsel Android Anda Tidak Ada Layanan, Begini Cara Mengatasinya

Ponsel Android Anda Tidak Ada Layanan, Begini Cara Mengatasinya

Cara mengatasi ponsel tidak ada layanan jaringan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

2. Lepas dan Pasang Kembali SIM Card

Pemasangan kartu SIM yang kurang pas (longgar misalnya) bisa saja berpengaruh terhadap masalah ini. Untuk itu, Anda bisa mencoba lepas kartu SIM di HP Anda, kemudian kembalikan lagi. Pastikan juga kartu SIM Card sudah terpasang dengan benar.

3. Nyalakan Mode Pesawat

Solusi selanjutnya, di sini Anda bisa coba juga untuk menyalakan mode pesawat. Fungsinya simpel, yakni untuk me-refresh jaringan yang tadinya error, agar menjadi normal kembali.

Caranya seperti ini: Cukup nyalakan mode airplane di HP Anda melalui menu bagian atas (panel status bar). Kemudian tunggu selama 15 sampai 30 detik. Jika sudah, nonaktifkan kembali. Selanjutnya periksa sinyalnya, kalau sudah muncul, coba tes lakukan panggilan. Jika belum bisa juga, coba lakukan restart.

4. Atur APN Dengan Benar

APN merupakan singkatan dari Access Point Name. Berfungsi sebagai pengaturan jaringan agar internet bisa tersambung dengan benar melalui layanan provider.

Untuk pengaturannya sendiri berbeda-beda, tergantung dari provider yang dipakai. Meski begitu, untuk mengaturnya secara garis besar, Anda bisa coba pergi ke Setelan > Kartu SIM > Jaringan Seluler > APN.

Di sana, silakan buat APN baru atau edit APN lama. Anda juga bisa mengembalikan pengaturan APN ke bawaan.

5. Cari Jaringan Mode Manual

Caranya cukup mudah. Silakan buka pengaturan HP kemudian buka menu Kartu SIM dan Jaringan Seluler. Di sana Anda bisa cari pengaturan jaringan SIM dan mengubah pencarian dari otomatis ke manual.

6. Bersihkan Konektor dan SIM card

Di sini Anda harus ingat, bahwa slot kartu SIM tersebut bisa saja kotor. Dan hal ini akan membuat kartu SIM jadi tidak bisa bekerja dengan normal. Langkah ini bisa anda lakukan dengan membersihkannya dengan digosok saja secara perlahan sampai sekiranya bersih. Kalau sudah masukkan kartu SIM kembali dan cek apakah masalah tidak ada layanan masih sudah hilang atau belum.

7. Tes SIM Card Dengan Ponsel Lain

Anda bisa mencoba pindahkan kartu SIM Anda ke Ponsel yang lain. Untuk mengecek apakah ponsel Anda bermasalah atau tidak. Atau dengan cara mencoba ganti kartu SIM yang lain untuk mengecek apakah kartu SIMnya rusak atau tidak atau bisa juga tes dengan ganti SIM card provider lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: