Dianggap Jorok, Upil Bermanfaat Besar Bagi Kesehatan!

Dianggap Jorok, Upil Bermanfaat Besar Bagi Kesehatan!

Upil dan ingus merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk mencegah penyakit yang berasal dari udara yang dihirup-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BACA JUGA:Wajib Dicoba! Resep Makanan 'Kupat Jembut' Khas Kota Semarang

Fakta Upil yang Unik dan Mengejutkan 

Setelah mengetahui manfaat upil dan ingus dalam menjaga kesehatan tubuh, kini saatnya mengenal fakta-faktanya! 

1. Mengorek upil adalah hal yang berbahaya 

Upil yang menumpuk di dalam hidung tentu sangat mengganggu. Sebagian orang lantas mengoreknya agar hidung kembali bersih. Faktanya hal ini berbahaya. Mengorek upil dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti: 

  • Mimisan 

Mimisan adalah kondisi keluarnya darah dari hidung. Jika mengorek upil menggunakan kuku yang tajam atau panjang, bagian dalam hidung bisa luka dan berdarah. 

  • Infeksi 

Jari yang dipakai mengupil belum tentu bersih. Memasukkan jari yang kotor dapat menularkan bakteri dan menyebabkan infeksi saluran atas hidung. Infeksi ini berbahaya. 

  • Bisul hidung

Bakteri yang masuk ke dalam hidung juga berisiko mengakibatkan bisul hidung. Rambut atau folikel hidung dapat rusak karena aktivitas mengupil. Jika hal itu terjadi, kemampuan hidung menyaring kuman akan terganggu. Akibatnya akan muncul bisul di dalam hidung.

BACA JUGA:Atasi Gatal-gatal Pada Anak dengan Bahan Alami, dr Zaidul Akbar: Cukup Mudah dengan Herbal

 2. Saat bersin upil bisa terlempar sangat cepat 

Ternyata bersin dapat melemparkan kuman, cairan hidung dan upil hingga kecepatan 60 mil per jam sejauh 30 kaki. Ini setara dengan 9 meter. Itu sebabnya hidung dan mulut harus ditutup saat bersin. 

3. Membersihkan upil cukup dengan air dan tisu

Saat hidung terasa penuh dengan upil. bersihkan dengan menghirup air dari hidung beberapa kali. Setelah itu keluarkan upil seperti mengeluarkan ingus. Yaitu dengan meniup udara keras-keras dari hidung. Jangan lupa tutupi hidung dengan tisu  saat meniup, ya. 

4. Cuaca dingin mendorong produksi upil lebih banyak

Saat cuaca dingin, seseorang lebih sering bersin dan batuk karena pengaruh udara. Hal ini mendorong tubuh memproduksi lebih banyak cairan hidung. Akibatnya jumlah upil pun bertambah banyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: