Momen Biksu Thailand Melintas di Pantura Jateng, Disambutan Antusias Meriah Warga

Momen Biksu Thailand Melintas di Pantura Jateng, Disambutan Antusias Meriah Warga

Momen Biksu Thailand Melintas di Pantura Jateng-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Waw! Pesantren Ini Berlakukan Dosa Zina Bisa Ditebus dengan Uang Rp 2 Juta

BACA JUGA:Start Besok, Ini Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji Kloter 1

“Rombongan Thudong akan beristirahat terlebih dahulu malam ini di Klenteng Tek Hay Kiong sebelum melanjutkan kembali perjalanan besok,” tulis @infotegal pada Selasa (23/5).

Keberadaan rombongan biksu yang sedang melakukan perjalanan suci itu menambah kemacetan ruas jalan pantura. 

Apalagi ribuan warga Pemalang tampak antusias menyambut mereka. Para biksu pun terpaksa dinaikkan ke bus agar tidak menambah kemacetan.

“Banyak masyarakat yang antusias menyambut rombongan 32 biksu saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman Pemalang Kota. Para biksu sempat singgah di Gedung Serbaguna beberapa menit selanjutnya dinaikkan ke Bus tanpa berjalan kaki,” tulis @pemalang.update.

Seperti diketahui, rombongan biksu dari Thailand masuk ke Jawa Tengah pada 22 Mei lalu. 

Pada 23 Mei, rombongan melintasi wilayah Tegal. Selanjutnya melintasi wilayah Pemalang pada 24 Mei. 

Selanjutnya mereka melintasi Pekalongan pada 25 Mei, Banyuputih 26 Mei, Kendal 27 Mei, Semarang 28 Mei, Ambarawa 29 Mei, Magelang 30 Mei, dan terakhir tiba di Borobudur.

“Dan acara penyambutan terhadap para biksu saat nanti tiba di Candi Borobudur juga tengah disiapkan. Nantinya penyambutan dilakukan oleh Pemkab Magelang,” tulis @merapi_uncover.

Thudong ritual keagamaan dalam tradisi Buddhisme Theravada yang melibatkan praktik keliling atau perjalanan ke tempat-tempat suci. 

Itu termasuk gua, gunung, hutan. Ritual thudong biasanya dilakukan oleh para biksu yang telah mengambil sumpah untuk hidup sebagai biksu pengembara atau biksu Aranyaka. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: