Puasa Syawal 2023 Sampai Tanggal Berapa? Cek Jadwal Lengkapnya

Puasa Syawal 2023 Sampai Tanggal Berapa? Cek Jadwal Lengkapnya

ilustrasi doa--

Puasa Syawal 2023 Sampai Tanggal Berapa? Cek Jadwal Lengkapnya

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ibadah Puasa Ramadhan sudah berlalu dan umat Islam juga sudah melaksanakan sholat Ied, tetapi amalan ibadah kita tidak boleh berakhir bersamaan dengan berakhirnya bulan Ramadhan. Dianjurkan untuk melaksanakan amalan ibadah bulan Syawal yang salah satunya adalah puasa syawal 2023. Mungkin, yang jadi pertanyaan adalah puasa Syawal 2023 sampai kapan? 

Mengerjakan puasa Syawal dianjurkan bagi umat Islam setelah hari raya Idul Fitri. Dikutip dari buku 'Ternyata Puasa Shalat dan Puasa Sunah Dapat Mempercepat Kesuksesan' (2012) oleh Ceceng Salamudin, hadits tentang puasa Syawal diriwayatkan oleh Abu Ayyub Al-Anshari.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menjalankan puasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan puasa sunnah enam hari pada bulan Syawal, maka ia seperti puasa selama setahun." (HR. Muslim)

Hadits tersebut menjadi dasar hukum dianjurkannya puasa Syawal. Puasa ini menjadi salah satu tradisi Rasulullah SAW yang mesti dijaga oleh umatnya karena banyak keutamaan yang terdapat di dalamnya.

BACA JUGA:Amalkan ini Doa Pembuka Pintu Rezeki Kata Ustadz Khalid Basalamah

BACA JUGA:Bacalah Ayat ini Kata Syekh Ali Jaber Bisa Menangkal Sihir Dukun

Dalam hadits lain juga disebutkan dari imam Ahmad dan an-Nasa'I berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Puasa Ramadhan ganjarannya sebanding dengan (puasa) sepuluh bulan, sedangkan puasa enam hari (di bulan Syawal, pahalanya) sebanding dengan (puasa) dua bulan, maka bagaikan berpuasa selama setahun penuh." (Ibu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam "Shahih" mereka).

Adapun ketentuan dari menunaikan puasa Syawal adalah biasanya dilaksanakan selama enam hari dilakukan persis setelah Hari Raya Idul Fitri, yaitu mulai 2-7 Syawal. Namun bagi umat Islam yang berpuasa di luar tanggal itu, sekalipun tidak berurutan, tetap mendapat keutamaan puasa Syawal.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Maka dari itu umat Islam mulai bisa mengerjakan puasa Syawal mulai 23 April lalu.

Dikutip dari buku 'Surga? Mau dong!' oleh Abu Syahidah, jumlah puasa Syawal harus enam hari. Boleh dilakukan berturut-turut, boleh juga tidak berurutan, yang penting dikerjakan selama 6 hari dalam bulan Syawal.

Oleh karena itu, batas waktu puasa Syawal 2023 adalah sampai akhir bulan Syawal tahun ini yang jika dihitung secara kasar, maka akan berakhir pada 20-21 Mei 2023.

BACA JUGA:Doa untuk Orang Sakit yang Diajarkan Rasulullah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: