British Cemetery, Makam Inggris di Kota Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

British Cemetery, Makam Inggris di Kota Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Makam Inggris di Kota Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Wisatawan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-http://silviagalikano.com/2020/05/06/benteng-marlborough-dagang-lada-bengkulu/

"Makam ini kuno, gayanya kebarat-baratan, jadi kalo orang foto di siko, berasa idak di makam, tapi cak di barat," ujar Cik Bet.

Meskipun makam-makam ini bekas kuburan para penjajah, akan tetapi setiap malam hari tidak ada kesan mistis ataupun angker. Bahkan, anak-anak pada malam hari terkadang menjadikan kawasan ini sebagai tempat bermain bola.

"Kadang malam-malam ada juga yang bermain bola, tapi kalo kami tau, langsung dilarang, soalnya ini kan cagar budaya, jadi harus dijaga," tutupnya.

Di sisi lain, dari sekitar seribu lebih makam, saat ini hanya tinggal sekitar 46 buah makam yang memiliki nisan. 

Makam ini terdapat berbagai ukuran, mulai yang hanya mempunyai tinggi 50 Cm. Nisan paling tinggi di kompleks makam ini mempunyai ukuran lebih dari 4 meter. 

Beberapa nisan makam terlihat agak aneh dan menimbulkan pertanyaan, misalnya ada nisan yang bagian atasnya terdapat patung anjing, ada juga nisan yang di bagian belakang terdapat gambar tangan terbuka dengan jari jempol ditekuk berada di telapak tangan. 

Hanya berjarak beberapa meter di belakang terdapat makam lainnya yang juga terpisah yamg lokasinya sekarang dijadikam tempat Kantor Urusan Agama Kecamatan Teluk Segara.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: