Ini Manfaatnya Rutin Sikat Gigi Setiap Hari!

Ini Manfaatnya Rutin Sikat Gigi Setiap Hari!

Menggosok gigi sangat dianjurkan demi menjaga kesehatan gigi dan mulut--Istimewa

6. Mengendalikan nafsu makan 

Gosok gigi bisa menjadi indikator bagi otak, sebagai sinyal bahwa waktu makan telah habis. Kebiasaan gosok gigi setelah makan akan menghindarkan seseorang dari perilaku makan berlebih karena rasa makanan jadi berbeda setelah ada reaksi dengan pasta gigi.

7. Menunda pikun 

Penelitian tahun 2010 di New York University menunjukkan bahwa radang gusi berhubungan dengan peningkatan risiko pikun, khususnya akibat penyakit Alzheimer. Karena radang gusi bisa dicegah dengan gosok gigi, maka secara tidak langsung gosok gigi cuga menunda pikun.

8. Mencegah impotensi 

Radang gusi juga berhubungan dengan peningkatan risiko impotensi atau lemah syahwat pada laki-laki. Menurut sebuah penelitian, laki-laki yang menderita radang gusi lebih banyak mengalami impotensi mulai dari tingkat keparahan sedang hingga sangat parah.

9. Menyehatkan otak

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal JDR Clinical & Translational Research mengungkap, kebiasaan baik itu bisa menyehatkan otak. Salah satu peneliti, dr Daiane Cerutti-Kopplin dari Federal University of Rio Grande do Sul di Brasil, mengungkap bukti kesehatan tersebut. Ia dan tim peneliti menemukan kaitan antara kesehatan mulut dengan fungsi otak. "Kebanyakan pasien dengan gangguan kognitif ringan, demensia, dan penyakit Alzheimer mayoritas memiliki kebersihan mulut yang buruk, penyakit periodontal, dan kehilangan gigi," ujarnya. 

Para peneliti mengumpulkan data dari 10 studi sebelumnya dan menemukan peningkatan risiko gangguan otak seiring hilangnya gigi. Individu dengan gigi suboptimal (kurang dari 20 gigi) memiliki 26 persen peningkatan risiko Alzheimer dan 22 persen peningkatan risiko demensia. 

Cerutti-Kopplin juga mengaitkan kondisi itu dengan kegiatan mengunyah. Mengunyah dengan gigi yang sehat bisa melancarkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kinerja kognitif. Penelitian neuroimaging terbaru juga menunjukkan adanya aktivasi daerah otak yang terkait dengan proses memori dan belajar selama kegiatan mengunyah. Meski demikian, ia menambahkan butuh penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi dasar biologis untuk hubungan tersebut. 

Merubah pola pikir

Jika orang melek informasi ini tentu menyikat gigi tidak lagi dianggap sebagai aktivitas yang biasa biasa saja. Beberapa manfaat di atas pun belum dijelaskan sisi manfaat yang berkaitan dengan gigi itu sendiri. Artinya, meski pun menggosok gigi dipandang hal kecil, namun tetap memiliki manfaat sehat yang luar biasa. Jadi sayang jika kita meninggalkannya. Semoga bermanfaat. (**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: