Hati-hati! Santapan Lebaran Ini Bisa Bikin Kolesterol Kumat, Apa Saja?

Hati-hati! Santapan Lebaran Ini Bisa Bikin Kolesterol Kumat, Apa Saja?

Namun, hidangan khas Idul Fitri yang melezatkan itu ternyata mengandung sejumlah lemak jenuh dan lemak trans. -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Makanan khas Lebaran yang juga berpotensi meningkatkan kadar kolesterol tinggi berikutnya adalah rendang daging. Melansir dari health.clevelandclinic.org, daging berlemak pada semur atau rendang dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk meminimalisirnya, konsumsi rendang dengan memisahkan lemak dari dagingnya. Selain itu, bisa juga dengan membatasi jumlah daging yang dimakan.

BACA JUGA:Ariel Noah Pilih Mudik Pake Motor, Begini Penampakan Ariel Saat Mudik

4. Sambal ati sapi

Saat Lebaran, menyantap ketupat sayur akan semakin lengkap dengan lauk tambahan berupa sambal ati sapi. Namun, dikutip dari heartuk.org.uk, bahan utama masakan ini, yaitu ati sapi justru mengandung kolesterol tinggi. Bila dikonsumsi tubuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh. 

Jagalah asupan cairan Anda agar tetap terhidrasi. Pastikan Anda mengonsumsi delapan gelas air putih per hari dan menghindari minuman bersoda atau minuman manis.

Menjaga diri dari makanan berkolesterol tinggi hendaknya tidak dilakukan saat Lebaran saja. Anda juga harus menerapkannya secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, mulai mengonsumsi lebih banyak makanan sehat, mencukupi asupan sayur dan buah, serta rutin berolahragaberolahraga.  (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: