Arab Saudi Tetapkan Lebaran Idul Fitri 21 April 2023, Pengeras Suara Tambahan Dipasang di Masjidil Haram

Arab Saudi Tetapkan Lebaran Idul Fitri 21 April 2023, Pengeras Suara Tambahan Dipasang di Masjidil Haram

Kabah, Mekah Arab Saudi--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan Lebaran Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023. Bulan sabit Syawal telah terlihat di Arab Saudi.

"Jumat, adalah hari pertama Idul Fitri tahun ini," demikian keterangan dari kantor berita resmi Saudi Press Agency, dikutip dari AFP.

Dengan demikian, Kamis (20/4) adalah hari terakhir Bulan Ramadhan di Saudi.

Bulan sabit Syawal tidak terlihat pada Kamis (20/4) malam kemarin. Sementara itu, bulan sabit disebut telah terlihat di Arab Saudi pada hari ini. Dengan demikian, Idul Fitri ditetapkan akan dirayakan pada hari Jumat 21 April 2023.

BACA JUGA:Pesan Ustadz Adi Hidayat Amalkan Puasa Syawal Dapat Pahala Setahun Puasa, Begini Cara dan Niatnya

Dikutip dari Saudi Gazette keputusan itu diambil setelah panitia penampakan di observatorium Tumair melihat hilal Syawal.

Dengan begitu puasa tahun ini diputuskan berlangsung selama 29 hari. Idul Fitri jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Di bagian lain Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memasang penggeras suara tambahan di sejumlah titik di jalan sekitar Masjidil Haram. Penambahan pengeras suara dilakukan karena Arab Saudi akan menggelar Sholat idul fitri pada hari Jumat (21/4/2023).

BACA JUGA:Pesan Habib Rizieq: Masyarakat Awam Lebaran Idul Fitri 2023 Ikuti Pemerintah

BACA JUGA:Ponpes Gontor Tetapkan 1 Syawal 1444 H pada Jumat 21 April 2023, Serentak dengan Muhammadiyah

Kapasitas shaf di dalam Masjidil Haram tidak dapat menampung seluruh jamaah yang datang, maka pengelola Masjidil Haram menyiapkan shaf-shaf tambahan di badan jalan sekitar masjid.

Ada banyak penggerak suara tambahan yang dipasang di Jalan Ibrahim Al Khalil hingga 1 KM arah menuju Misfalah. Dengan adanya pengeras suara tambahan diharapkan para jamaah dapat mendengar suara imam salat secara jelas meskipun dari jarak jauh.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: