Ini Dia Ciri-ciri Hamil Muda yang Jarang Diperhatikan Wanita!

Ini Dia Ciri-ciri Hamil Muda yang Jarang Diperhatikan Wanita!

Tanda hamil muda perlu diperhatikan demi menjaga kelangsungan calon buah hati--Foto Istimewa

Dilansir dari Healthline, bila Anda sering merasa mual dan ingin muntah di pagi hari, bisa jadi itu adalah ciri-ciri hamil 1 bulan atau hamil muda. Sebagian besar Ibu hamil memang mengalami morning sickness ini.  Ini terjadi karena perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan rasa sakit pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Biasa terjadi pada trimester awal kehamilan dan akan makin berkurang ketika usia kehamilan bertambah.

3. Payudara bengkak dan aerola menghitam

Tanda umum di awal kehamilan bisa terllihat dengan payudara mulai membengkak dan aerola (Daerah di sekitar puting) menghitam. Ciri-ciri hamil muda dengan payudara bengkak ini disertai nyeri, mirip dengan tanda jelang haid. Sedangkan pada daerah puting susu atau aerola menghitam lebih lebar. Hal ini normal karena merupakan respon tubuh yang mulai memproduksi ASI ketika bayi dilahirkan. 

BACA JUGA:Tampil Gaya Saat Bukber, Ini Dia 15 Rekomendasi Outfit Super Keren

4. Terlambat Menstruasi

Banyak hal memang yang menjadi penyebab terlambat menstruasi. Mulai dari menstruasi tidak teratur, pola makan tidak teratur, stress, lelah dan juga ciri-ciri hamil muda. Telat haid adalah tanda kehamilan yang sering disadari. Apalagi kalau siklus bulanan menstruasinya teratur. Jika Anda telat 7-14 hari dari jadwal menstruasi yang teratur, kemungkinan hamil 1 bulan. Karena HPHT dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir.

5. Sering buang air kecil dan konstipasi

Rahim akan menekan kandung kemih ketika Anda sedang hamil. Jadi Anda saat hamil akan lebih sering buang air kecil.  Selain itu, pada beberapa ibu hamil juga ditemukan konstipasi atau susah buang air besar yang merupakan ciri-ciri hamil muda. Biasanya hamil 1 bulan hingga 3 bulan akan mengalami susah BAB, jadi perhatikan pola makan agar banyak serat ya!

Setelah Anda tahu kalau mengalami beberapa ciri-ciri hamil muda seperti di atas, jangan lupa untuk menyempatkan diri ke dokter kandungan untuk memeriksakan kehamilan.  Setiap tanda kehamilan setiap ibu hamil memang berbeda-beda, tapi beberapa ciri hamil muda di atas bisa jadi referensi Anda untuk memastikan apakah benar Anda hamil atau tidak?. Semoga bermanfaat ya. (**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: