Saldo e-Toll Habis di Perjalanan, Jangan Panik! Ikuti Langkah Berikut

Saldo e-Toll Habis di Perjalanan, Jangan Panik! Ikuti Langkah Berikut

-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meskipun pengendara sudah memiliki kartu yang berisi saldo uang elektronik pada kartu e-Toll saat perjalanan di jalan tol, ada-ada saja kendala yang dihadapkan yakni salah satunya adalah saldo uang elektronik (e-Toll) tidak cukup atau habis saat ingin melakukan tapping pembayaran di gerbang tol. 

Terkait masalah itu, pengendara diharapkan tidak perlu panik ataupun kebingungan. Melansir berita di laman BPJT, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kendala tersebut.

Pertama, pengendara bisa menekan tombol bantuan yang terletak di gardu tempat pembayaran, berdekatan dengan tombol Cetak Struk. Dengan menekan tolmbol bantuan tersebut, petugas akan datang membantu.

Kedua, pengendara dapat langsung meminta bantuan petugas di sekitar gerbang tol  dan menjelaskan kepada petugas bahwa saldo e-Toll tidak mencukupi. Lalu ikuti arahan petugas tersebut.

Mungkin kartu akan diisi ulang secaera langsung atau juga diminta membayar secara tunai dan diarahkan untuk mengisi di rest area terdekat.

BACA JUGA:Jalan Tol Palembang-Bengkulu Dirancang Sejak 2019, Kapan Tuntasnya? Simak ini

BACA JUGA:Ini Tol Sumatera dengan Tarif Termahal di Indonesia

Ketiga pengendara dapat melakukan Top up saldo e-Toll dengan aplikasi mobile banking di ponsel sesuai bank provider pada e-Toll yang digunakan.

Keempat, jika saldo e-toll kurang, pengendara dapat mengisi juga di rest area terdekat atau digerai minimarket yang tersedia di sana. 

Imbauan lainnya ketika saldo e-toll tidak cukup pada gerbang tol sistem transaksi tertutup, pengendara jangan mengganti kartu yang berbeda dari saat masuk dan keluar karena dianggap menerobos dan dikenakan denda sebesar 2x tarif terjauh di ruas yang sama.

Pastikan sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya juga dapat melakukan pengecekan saldo kartu tol dan tarif tol dari lokasi asal sampai dengan tujuan menggunakan aplikasi BPJT Info Tol yang dapat diunduh di smartphone masing-masing.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: