Ini Tol Sumatera dengan Tarif Termahal di Indonesia

Ini Tol Sumatera dengan Tarif Termahal di Indonesia

Tol Trans Sumatera-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM -Keberadaan jalan tol memberikan banyak keuntungan. Akses perjalanan akan lebih mudah dan cepat. 

Begitu juga dengan tol yang berada di sumatera. Pemerintah terus mendorong pembangunan jalan tol Trans Sumatera untuk tersambungnya kawasan selatan hingga utara atau dari Lampung hingga Aceh.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) ada 2.578,02 jalan tol yang beroperasi di Indonesia. Ternyata ada tarif jalan tol yang ada di Sumatera menjadi yang termahal.

Pengaturan tarif tol diatur dalam Peraturan Pemerintah no.15 tahun 2005 tentang Jalan Tol. Tarif tol itu dihitung berdasarkan kemampuan bayar pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan kelayakan investasi.

 

Berikut ini jalan tol tol termahal di Indonesia (golongan I) dihimpun dari laman resmi BPJT.

1. Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung terbentang sepanjang 189,40 km. Ruas ini termasuk bagian dari Tol Trans Sumatera dan dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero). Jalan tol ini perdana beroperasi pada 14 November 2019. Untuk melintas di sepanjang tol ini, kamu harus menyiapkan saldo e-Toll sebesar Rp 170.500.

 

2. Bakauheni-Terbanggi Besar

Di ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar, pengendara akan dikenakan tarif termahal sebesar Rp 120.500 saat melintas dari Bakauheni Utara-Gunung Sugih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: