Ribuan Ton Cangkang Sawit asal Bengkulu Diekspor ke Jepang, Volume Terus Ditambah Sesuai Permintaan

Ribuan Ton  Cangkang Sawit asal Bengkulu Diekspor ke Jepang, Volume Terus Ditambah Sesuai Permintaan

Cangkang Sawit yang ada di kawasan Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

"Dukungan semua pihak di Bengkulu sangat bagus, ini merupakan ekspor komoditas pertama di Pelabuhan Pulau Baai tahun 2023," tutur Deswan.

Ini Guna Cangkang Sawit

Sementara itu, melansir berita bengkuluekspress.disway.id tahun 2019 lalu, Kepala UPT Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bengkulu Mochamad Ischaq SP MSi menerangkan, cangkang kelapa sawit menjadi salah satu alternatif energi berkelanjutan dari sawit.

Dibandingkan fosil, energi asal cangkang kelapa sawit atau Palm Kernel Shell (PKS) sangat ramah lingkungan dan paling murah. Dengan segala keunggulan yang dimiliki, setelah memenuhi kebutuhan dalam negeri, cangkang sawit kini terus diminati pasar global.

"Dari catatan lalu lintas kami, kami melihat pertumbuhannya mencapai 122,98 persen dibanding tahun lalu, insyaallah kami dorong agar dapat terus meningkat,” kata Ischaq.

Ia menambahkan, cangkang sawit (palm kernel shell) merupakan sumber bioenergi yang memiliki nilai kalori tinggi (4200 Kal/Kg) dan memiliki kandungan sulphur yang sangat rendah. Selain dapat mengurangi emisi karbon, pemanfaatan cangkang sawit sebagai bahan bakar dinilai lebih menguntungkan.

"Ketersediaan pasokan cangkang sawit juga tidak perlu diragukan mengingat area perkebunan kelapa sawit di Bengkulu masih sangat luas," ungkap Ischaq.

Ia menuturkan, Bengkulu sebagai salah satu daerah penghasil sawit terbesar di Indonesia, penyebarannya hampir di seluruh kabupaten. Ditambah lagi, Kementerian Pertanian melalui seluruh direktorat teknis juga terus mendorong produktivasnya, sehingga komoditas ini menjadi komoditas unggulan daerah.

"Kita itu penghasil sawit terbesar jadi produk turunan seperi cangkang sawit salah satu komoditas unggulan daerah," ujar Ischaq.

Selain itu, diekspor juga produk turunan kelapa sawit berupa RBD Palm Olein, RBD Palm Stearin, RBD Palm Kernel Oil dan RBD Coconut Oil melalui Pelabuhan Teluk Bayur dengan negara tujuan Rusia, Algeria, dan Turki.

"Untuk kualitas, kelapa dan kelapa sawit asal Bengkulu adalah yang terbaik dan diakui pasar global. Hal ini menjadikan Bengkulu sebagai produsen kelapa sawit," tutupnya.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: