Biaya Haji dan Umroh 2023 Turun? Arab Saudi Ubah Biaya Asuransi Jadi Segini

Biaya Haji dan Umroh 2023 Turun? Arab Saudi Ubah Biaya Asuransi Jadi Segini

92 jemaah haji asal Kabupaten BU tiba di Masjid Baitul Makmur, Jumat (22/7)-(foto: aprizal/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada kabar gembira dari Pemerintah Arab Saudi yang akan menekan biaya operasional. Kondisi ini berpulang biaya ibadah haji dan umroh bisa turun.

Pemerintah setempat mengubah biaya asuransi haji sebesar 73 persen. Semula SAR 109 atau Rp 453 ribu. Kini hanya SAR 29 atau Rp 120 ribu per jemaah.

Begitu juga dengan asuransi umroh. Turun hingga 63 persen, dari SAR 235 atau Rp 975 ribu menjadi SAR 88 atau Rp 365 ribu.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Seleksi Petugas Haji 2023 Dibuka, Daftarnya Online

BACA JUGA:Mau Daftar Seleksi Petugas Haji 2023, Download Aplikasi ini

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al Rabiah menyampaikan, kuota haji tahun 1444 H/2023 M akan kembali normal seperti tahun 2019, atau sebelum masa Covid-19.

Ia menegaskan semua usia bisa berangkat umrah, tak terkecuali jemaah di atas 65 tahun yang sebelumnya dilarang.

"Mulai musim haji tahun ini, kami akan mengizinkan Tim Misi Haji dari seluruh dunia untuk setuju dengan perusahaan resmi mana pun untuk menyediakan layanan di Kerajaan," kata Tawfiq dalam pembukaan Expo Haji 2023, di Jeddah.

Dia mengatakan bahwa Kerajaan Arab Saudi sedang mengerjakan rehabilitasi 100 situs sejarah Islam dalam beberapa tahun mendatang.

Al-Rabiah menunjukkan bahwa Kerajaan menginvestasikan lebih dari SR200 miliar untuk infrastruktur perluasan Masjidil Haram, yang menjadikannya proyek konstruksi terbesar dalam sejarah.

“Kami tidak mengabaikan pembangunan sarana dan prasarana, dan kami telah bekerja sama dengan mitra kami untuk meningkatkan kapasitas,” paparnya.

“Kami mendirikan bandara terbesar di Kerajaan dengan lebih dari SAR40 miliar untuk melayani para jamaah, yaitu Bandara King Abdulaziz,” tambahnya.

BACA JUGA:Kepesertaan BPJS Jadi Syarat Umroh, Kemenag Angkat Bicara

Juga, dia mengatakan membangun Haramain Express Train yang menelan biaya lebih dari SR64 miliar, yang menghubungkan Makkah dan Al-Madinah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: